fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

10 Ribu Kali Lebih Gempa Guncang Indonesia, 22 Kali Merusak di 2022

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Indonesia mengalami 10 ribu lebih aktivitas gempa sepanjang 2022. Dari jumlah itu, tercatat ada 22 kali gempa yang sifatnya merusak.

Disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun Twitternya, Minggu (1/1/2023), total ada 10.792 kali aktivitas gempa di Indonesia pada 2022. Di antara jumlah itu, ada 807 kali gempa yang dirasakan serta 22 kali gempa yang merusak.

Baca juga:  BNPB Turunkan Tim Reaksi Cepat dan Salurkan Bantuan Logistik ke Lokasi Terdampak Gempa Cianjur

“Selama tahun 2022 ‘deadly earthquake’ atau gempa mematikan terjadi 2 kali, yaitu gempa Pasaman Barat M 6,3 menyebabkan 25 orang meninggal dan gempa Cianjur M 5,6 menyebabkan 334 orang meninggal,” kata Daryono.

ADVERTISEMENT

Menurutnya, jumlah aktivitas gempa di Indonesia berada di atas rata-rata. Daryono turut memberikan pesan ke publik untuk tetap waspada apabila terjadi gempa di wilayahnya meskipun skalanya kecil.

Baca juga:  Omnibus Law Tidak Pro Rakyat, Kesatuan Rakyat Menggugat Lakukan Demo di Makassar

“Selama tahun 2022 jumlah aktivitas gempa di Indonesia masih di atas rata-ratanya. Waspadai gempa kecil yang merusak seperti gempa Gempa Ketapang Kalbar M4,9 dan Gempa Karangasem-Gianyar M4,6,” kata Daryono.

“Waspadai daerah dengan kluster seismisitas aktif gempa namun belum terpetakan jalur sesarnya. Masyarakat kita wajib mengenal sejarah gempa di daerah masing-masing, karena gempa kuat akan mengalami perulangan (return period) dalam periodesitas tertentu,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Libur Lebaran, Bugis Waterpark Adventure Semakin Diminati Turis

Sejumlah turis domestik menikmati liburan di Bugis Waterpark Adventure (BWP). Wisata air ini menjadi destinasi wisata favorit
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT