fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

2 Tahun Pelarian Buronan Investasi Bodong di Makassar Berakhir, Rugikan Korban Rp1,141 Miliar 

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Pelarian buronan kasus tindak pidana penipuan investasi bodong di Kota Makassar, Sulawesi Selatan berakhir. Buronan berinisial AAB, ditangkap oleh tim Tangkap Buron (Tabur) Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, pada 21 Februari 2024, sore. 

AAB ditangkap tim Tabur Kejaksaan di sekitar Perumahan Anging Mammiri Residence, Kelurahan Karunrung, Kecamatan Rappocini, Makassar. Kasus penangkapan ini pun telah dirilis Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan, Rabu, 21 Februari 2024, kemarin. 

“Perkara tindak pidana penipuan dengan menawarkan korbannya investasi bodong Trading Forex sehingga korban mengalami kerugian materil sebesar Rp. 1.141.900.000,00,” dalam siaran pers yang diterima dari Kasi Penkum Kejati Sulsel, Soetarmi, Rabu malam. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Cegah Hoaks Hingga Tolak Penggunaan Knalpot Brong Menggema Dalam Deklarasi Pemilu Damai di Makassar

Terdakwa AAB sebelumnya telah divonis terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan melanggar pasal 378 KUHPidana. Perkara Terdakwa Andi Awaluddin Buchri telah dinyatakan Inkracht berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI tingkat Kasasi Nomor 680 K/Pid/2021 tanggal 02 Agustus 2021. 

Amar putusan itu menyatakan terdakwa AAB terbukti terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan, dan menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun. AAB bahkan sudah dipanggil tiga kali oleh tim penyidik kejaksaan untuk ditahan. 

Baca juga:  PSI Sulsel Percaya Kaesang Bisa Bawa PSI ke Senayan

“Namun yang bersangkutan menghiraukan dan tidak beritikad baik sehingga menyulitkan Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan eksekusi, maka Kajari Makassar melaporkan hal ini kepada Tim Tabur Intelijen Kejati Sulsel selanjutnya ditetapkan sebagai buronan Kejaksaan RI,” tegas Soetarmi. 

ADVERTISEMENT

Terpidana AAB sudah ditetapkan sebagai buronan Kejari Makassar kurang lebih 2 tahun 2 bulan sejak putusan pemidanaan dinyatakan Inkracht. Setelah AAB mengetahui perkaranya terbukti bersalah tindak pidana penipuan berdasarkan putusan Mahkamah Agung, maka terpidana melarikan diri. 

Baca juga:  Wawali Fatmawati Rusdi Terima Kunjungan Wabup Jombang

Selama pelariannya AAB berpindah-pindah tempat di beberapa kota di Sulsel untuk bersembunyi. “Buronan atas nama Terpidana Andi Awaluddin Buchri, selanjutnya diserahkan kepada Jaksa Eksekutor pada Kejaksaan Negeri Makassar untuk pelaksanaan Eksekusi di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 A Makassar,” Soetarmi menyudahi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Piala Presiden 2024 Pemicu Bangkitkan Gairah Sepak Bola Indonesia

LAYAR NEWS, Makassar - Pembukaan Piala Presiden 2024, telah resmi digelar pada Jumat, 19 Juli. Turnamen pramusim itu dihadiri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT