fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

3 Presiden Absen di KTT G20 Bali

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan digelar pada 15-16 November di Bali. Sebanyak 17 pemimpin anggota kelompok 20 sudah dipastikan hadir. Namun Indonesia, sebagai pemegang presidensi tahun ini, juga mengundang negara lain serta organisasi internasional untuk hadir sebagai tamu.

Data yang dirilis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI hingga Jumat (11/11/2022), total ada 36 pemimpin dunia dan organisasi internasional, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipastikan hadir di Bali. Sementara jumlah total negara dan organisasi internasional yang terlibat di G20 tahun ini ada 41 peserta.

Baca juga:  Kader NasDem Dominasi Penjemputan Anies di Bandara Sulhas Makassar

Tiga negara anggota G20 yang tidak hadir di Bali adalah Rusia, Meksiko, dan Brasil.

ADVERTISEMENT

“Brasil dan Meksiko telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko akan diwakili oleh Menlu Meksiko, sementara untuk Brasil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brasil yang direncanakan secara virtual,” bunyi pernyataan Kemlu, seperti dikutip, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga:  Tamsil Linrung Bantah Bila Peserta Jalan Gembira Datang Karena Iming-iming Hadiah 

Rusia akan diwakili Menlu Sergei Lavrov. Kemlu RI telah menerima nota diplomatik dari Kedutaan Besar Rusia di Jakarta pada 8 November lalu mengenai ketidakhadiran Presiden Vladimir Putin.

Ukraina juga masuk dalam daftar undangan, namun Presiden Volodymyr Zelensky tak bisa hadir. Dia akan mengikuti pertemuan secara virtual.

ADVERTISEMENT

Negara undangan lainnya, Fiji, akan diwakili oleh utusan khusus karena negara Pasifik tersebut sedang melakukan pemilihan umum.

Baca juga:  Gubernur Andi Sudirman Sulaiman Pimpin Rapat Evaluasi Statistik Sulsel Tahun 2022

“Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 organisasi internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini,” kata Kemlu.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT