fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

34 Narapidana di Sulsel Dapat Remisi Khusus Nyepi, Daerah Ini Terbanyak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Puluhan narapidana di sejumlah Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Sulawesi Selatan mendapatkan Remisi khusus (RK) dalam peringatan Hari Raya Nyepi Tahun 2024.

“Remisi Khusus diberikan kepada 34 orang narapidana,” kata  Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Yudi Suseno dalam keterangan tertulis yang diterima Senin, 11 Maret 2024.

Menurut Yudi, narapidana yang menerima remisi khusus (RK) I atau pengurangan sebagian masa pidana selama dua bulan diberikan kepada 1 orang narapidana. Sedangkan pemberian remisi 1 bulan 15 hari diberikan kepada 8 orang narapidana, 1 bulan diberikan kepada 22 orang narapidana dan 15 hari diberikan kepada 3 orang. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Serunya Lomba Suami Make Up Istri yang Diikuti Para Petinggi Rutan Makassar  

Pemberian ini, kata Yudi, sesuai aturan dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat

“Narapidana atau anak pidana berhak mendapatkan remisi apabila telah berkelakuan baik dibuktikan dengan tidak menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 bulan dan telah mengikuti program pembinaan,” terang Yudi. 

Baca juga:  Ratusan WBP Lapas Narkotika Gowa Dilatih Mandiri, Buat Berbagai Jenis Properti

Yudi menyebutkan, narapidana yang paling banyak mendapat RK berasal dari Rutan Kabupaten Sidenreng Rappang berjumlah 13 orang, sedangkan sisanya dari Lapas Parepare 8 orang, Lapas Makassar 3 orang, Lapas Narkotika Sungguminasa 3 orang, Rutan Makale 3 Orang, Lapas Palopo 2 Orang, dan Lapas Perempuan Sungguminasa 2 Orang.

ADVERTISEMENT

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak mengatakan, pemberian remisi ini diharapkan dapat memotivasi narapidana untuk selalu memperbaiki diri, menyadari kesalahannya, dan menaati aturan. “Sehingga mempercepat reintegrasinya ke masyarakat,” pesannya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT