fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

38 TPS di 13 Daerah Sulsel Berpotensi PSU

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan mencatat ada 38 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berpotensi dilaksanakan kembali Pemungutan Suara Ulang (PSU). TPS itu dalam catatan Bawaslu, tersebar di 13 daerah di Sulsel. 

Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan, jumlah TPS potensi PSU ini belum seratus persen valid karena masih ada juga yang sedang dikaji. “Sudah ada yang keluar rekomendasi dari Panwas untuk segera lakukan PSU,” ujar Saiful kepada jurnalis, Sabtu, 17 Februari 2024.

Baca juga:  Ribuan Jamaah Hadiri Makassar Shalat Subuh Berjamaah dan Doa Bersama

Namun, beberapa katanya telah dipastikan PSU. Saiful meminta agar paling lambat hari ini sudah ada keluar rekomendasi dari Panwas untuk PSU. “Karena itu aturannya paling lambat dilakukan 10 hari setelah pemungutan suara. Ini kan sudah hari kedua,” jelasnya. 

ADVERTISEMENT

Saiful mengatakan, PSU ini salah satunya disebabkan karena adanya pemilih yang tak berhak masuk memilih. “Rata-rata karena penduduk luar, dari Jakarta, dari Bandung, dari Palu, dan dari luar lainya yang tidak terdaftar di DPT maupun DPTb di TPS itu. Mereka juga bukan penduduk di tempat itu, tetapi ikut memilih,” terangnya. 

Baca juga:  Pemerintah Jamin Keamanan Siber KTT G20

Lebih lanjut katanya, dalam sejumlah laporan dan temuan di lapangan, ada pemilih yang kedapatan mencoblos dua kali. Seperti yang terjadi di Palopo dan Sidrap. Kasus seperti ini tak hanya direkomendasikan PSU, tetapi juga pidana.

Berikut jumlah TPS berpotensi PSU di Sulsel:

ADVERTISEMENT
  1. Makassar 2
  2. Wajo 6
  3. Selayar 3
  4. Parepare 1
  5. Pangkep 4
  6. Pinrang 1
  7. Sidrap 1
  8. Tana Toraja 5
  9. Torut 4
  10. Palopo 3
  11. Lutim 1
  12. Bone 3
  13. Sinjai 4
Baca juga:  Sirekap Pemilu 2024 Belum Sempurna, KPU RI Segera Koreksi

Jumlah: 38 TPS. 

Penulis: Syahrul Hatta

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT