fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

4 Jenis Fenomena yang Berpotensi Terjadi Akibat Cuaca Ekstrem

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengumumkan empat jenis potensi bencana yang suatu waktu dapat terjadi, dampak dari fenomena cuaca ekstrem saat ini. 

Diketahui hampir sebagian besar daerah di Sulawesi Selatan dalam sepekan terakhir dilanda cuaca buruk. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dilaporkan terjadi di sejumlah wilayah di Sulsel dipicu kondisi cuaca yang kurang baik.

Baca juga:  Pengamanan Kunjungan Cawapres Mahfud MD di Makassar, Polrestabes Sampaikan 2 Pesan Penting Ini ke Jajaran

“Di periode puncak musim hujan pada sebagian wilayah Sulsel, cuaca ekstrem sering kali terjadi. Mari mengenal lebih jauh terkait Cuaca Ekstrem bersama KITA (Kilas Ilmu Tentang cuacA),” tulis pesan edukasi yang dilansir dari akun resmi Instagram BMKG Sulsel, Sabtu, 20 Januari 2024. 

ADVERTISEMENT

Menurut BMKG, potensi bencana yang dapat terjadi seperti hujan lebat. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai dengan petir dan angin kencang. Kondisi ini umumnya terjadi saat musim hujan. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. 

Baca juga:  3 Hari ke Depan, Sulsel Berpotensi Cuaca Buruk Kecuali 3 Daerah Ini

Berikutnya adalah angin puting beliung. Kolom udara yang berputar yang bersentuhan dengan permukaan bumi dari awan Cumulonimbus. Kemudian hujan es, ditandai dengan adanya butiran es dari awan yang terbentuk dari kristal-kristal es yang saling bertumpuk-tumpuk di dalam awan Cumulonimbus.

Terakhir adalah suhu ekstrem. Kondisi suhu di atas 3 derajat, dari rata-rata suhu maksimum untuk suatu wilayah atau daerah. Misalkan rata-rata suhu di Kota Makassar sepanjang bulan Januari mencapai 30,5 derajat celcius. Suhu ekstrem terjadi jika mencapai 33,5 derajat atau bahkan lebih. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Gubernur Andi Sudirman dan DPRD Sulsel Tandatangani Nota Persetujuan Bersama

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT