fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

4 Jenis Makanan Ini Dapat Sebabkan Vertigo

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing, sampai merasa dirinya atau sekelilingnya berputar.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, termasuk pola makan yang kurang sehat. Konsumsi jenis makanan tertentu juga dapat menyebabkan vertigo sering kambuh dan memperburuk gejala vertigo.

Selain itu, penderita vertigo tak hanya mengalami pusing, tetapi juga bisa merasakan gejala mual, muntah, berkeringat, telinga berdenging (tinnitus), dan mata bergerak tidak terkendali (nystagmus).

ADVERTISEMENT

Untuk mencegah vertigo datang kembali, Kamu dapat menyiasatinya dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab vertigo. Hal ini juga penting untuk membantu mengurangi gejala vertigo yang parah.

Melansir Alodokter, berikut beberapa makanan penyebab vertigo:

Makanan tinggi garam

ADVERTISEMENT

Rekomendasi jumlah asupan garam harian bagi orang dewasa adalah tidak melebihi 5 gram atau setara 1 sendok teh per hari.

Baca juga:  Teh Bunga Mawar Dapat Tingkatkan Imun Tubuh, Pernah Coba?

Asupan garam yang berlebihan bisa memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa mengakibatkan aliran darah di organ keseimbangan tubuh (vestibular system) menurun dan kurang lancar, sehingga menyebabkan sering vertigo.

Untuk mencegah vertigo, Kamu perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi garam, seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, keju, camilan, dan MSG.

ADVERTISEMENT

Makanan tinggi gula

Makanan penyebab vertigo yang kedua adalah makanan tinggi gula. Ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering, makanan ini bisa berisiko membuat seseorang mengalami diabetes. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya gula darah dalam tubuh.

Nah, orang yang terkena diabetes bisa berisiko mengalami gangguan saraf, termasuk saraf di telinga bagian dalam. Hal ini bisa menyebabkan keluhan vertigo.

Oleh karena itu, untuk mencegah diabetes dan vertigo, sebaiknya membatasi asupan gula hingga tidak melebihi 50 gram per harinya atau setara dengan 12 sendok teh.

Baca juga:  Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kafein umumnya tedapat pada cokelat, kopi, teh, dan minuman berenergi. Beberapa riset menyebutkan bahwa konsumsi kafein secara berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami vertigo dan sakit kepala.

Ini diduga karena efek samping kafein yang dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi serta perubahan kinerja saraf dan otak. Hal ini membuat orang yang sering mengonsumsi kafein bisa lebih sering terkena vertigo.

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan juga bisa menyebabkan risiko terjadinya efek caffeine withdrawal atau gejala putus zat kafein, sehingga bisa menimbulkan keluhan vertigo dan sakit kepala.

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Baca juga:  7 Tips Berolahraga saat Berpuasa

Sebenarnya boleh saja mengonsumsi alkohol, tetapi jumlahnya perlu dibatasi. Jika dikonsumsi berlebihan atau terlalu sering, makanan dan minuman yang mengandung alkohol, seperti minuman keras, tapai, dan durian, bisa menyebabkan efek samping berupa penyempitan pembuluh darah.

Ketika terjadi gangguan pembuluh darah pada organ keseimbangan di telinga bagian dalam. Hal ini bisa membuat Kamu merasa pusing karena vertigo.

Selain itu, alkohol bisa berdampak pada fungsi otak, sehingga membuat gerakan tubuh menjadi tidak stabil. Inilah hal yang terjadi ketika mabuk karena alkohol.

Itulah makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari. Dengan membatasi asupannya, keluhan vertigo yang Kamu alami mungkin bisa menjadi lebih jarang kambuh.

Baca berikutnya: Sering Tak Disadari, Ini Tanda Tubuh Kelebihan Air Putih

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Sosialisasi Operasi Patuh Pallawa 2024 di Makassar Hingga ke Warkop

LAYAR NEWS, Makassar - Memasuki hari ketiga Operasi Patuh Pallawa 2024, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar melaksanakan sosialisasi kepada...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT