fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

4 Perda Baru Telah Disahkan, Pergub Segera Diterbitkan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Empat Peraturan Daerah (Perda) baru telah disahkan oleh pihak DPRD Sulawesi Selatan dan Pemerintah Provinsi. Perda itu disahkan dalam rapat paripurna DPRD yang digelar pada Senin, 18 Maret 2024, kemarin.

Perda itu yakni, Tentang Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Tentang Pemudahan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, Tentang Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta Perda Tentang Pedoman Pelaksanaan Jasa Konstruksi. 

Ketua Pansus Ranperda tentang Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Hengki Yasin, mengaku sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak terkait dan juga koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Bantuan Beras Korban Bencana di Sulsel Capai 150 Ton

Perda ini diharapkan untuk segera ditindaklanjuti otoritas Pemprov Sulsel. “Kami berharap setelah penetapan Perda ini agar dibuatkan Pergub untuk dilaksanakan dan dijalankan,” katanya dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Selasa, 19 Maret 2024.

Sementara, Ketua Pansus Ranperda tentang Pemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, Janwar Jauri, menyampaikan, hampir satu tahun membahas soal ranperda ini. “Kami utamakan muatan lokal untuk perkembangan ekonomi masyarakat Sulsel,” tuturnya. 

Baca juga:  Hamil 5 Minggu, Jemaah Haji Asal Papua Barat Dibatalkan Keberangkatannya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pansus Ranperda Tentang Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Rismayanti Muin mengaku, secara keseluruhan ranperda ini telah disesuaikan dengan peraturan pemerintah pusat.

ADVERTISEMENT

“Kami harapkan kepada Bapak Gubernur Sulsel dapat menerbitkan peraturan secara teknis untuk wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila. Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak-pihak terkait, terutama Pj Gubernur Sulsel, Pj Sekda Pemprov Sulsel,” ucapnya. 

Baca juga:  Penjelasan Otoritas Wisata Bantimurung-Bulusaraung Soal Harga Karcis Masuk Mahal

Ketua Pansus Ranperda Tentang Pedoman Pelaksanaan Jasa Konstruksi, Vony mengaku, regulasi ini disusun berdasarkan penyampaian aspirasi dari berbagai jasa konstruksi dan adanya masalah gagal bayar. 

Sedangkan, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap Perda yang ada, bisa mendorong percepatan pembangunan di Sulsel. “Jangan lama-lama untuk Pergub-nya, kalau bisa minggu ini selesai semua, supaya bisa kita implementasikan segera,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT