fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

4 Syarat Sah Hewan Kurban yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Kurban merupakan salah satu syariat dalam agama Islam. Idul Adha menjadi momentum bagi umat Islam untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Pelaksanaan kurban pun sudah diatur sedemikian rupa oleh syari’at Islam. Termasuk syarat sah hewan yang akan digunakan untuk kurban.

Ya, tidak semua hewan dapat dijadikan sebagai hewan kurban. Ada syarat yang harus dipenuhi sehingga ibadah kurban kita tidak sia-sia dan berjalan sesuai syariat. Berikut 4 syarat sah hewan kurban yang harus dipenuhi seperti dikutip dari laman Badan Amal Zakat Nasional:

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Partai Nasdem Keluarkan Rekomendasi ke Danny Pomanto Maju Pilwalkot

Jenis Hewan

Hewan yang diperbolehkan disembelih untuk kurban adalah jenis binatang ternak. Unta, sapi, kambing, dan domba bisa dijadikan pilihan sebagai hewan kurban.

Namun, tidak dijelaskan dalam suatu nash, baik Al-Qur`an maupun hadist terkait jenis kelamin hewan jantan atau betina kedunya dapat dijadikan sebagai hewan kurban.

Usia Hewan

Hewan kurban harus cukup umur saat akan disembelih. Cukup umur disini ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Untuk kurban unta minimal berusia 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Sapi minimal berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3. Domba berusia 1 tahun. Sedangkan kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Dewan Harap Makassar Diperbolehkan Gelar Sholat Idul Adha

Kondisi Hewan

Hewan kurban hendaklah dalam keadaan sehat bebas dari aib, cacat, atau penyakit lainnya. Jadi hewan kurban harus benar-benar sehat dan fit, dan upayakan bertubuh besar, gemuk, dagingnya banyak, dan fisiknya sempurna.

Kepemilikan Hewan

Hewan Kurban haruslah milik sendiri, hasil dari ternak sendiri, atau lewat jual beli yang sah. Jadi hewan qurban tidak sah apabila berasal dari hasil merampok atau mencuri dari orang lain.

Baca juga:  Pemerintah Imbau Sholat Idul Adha di Rumah, Ini Tata Cara dan Niatnya

Sama juga halnya dengan hewan yang dalam status gadai atau hewan warisan yang belum dibagi. Jadi, hewan kurban benar-benar harus pemilik sah hewan tersebut. Dikutip dari berbagai sumber

ADVERTISEMENT

Baca berikutnya: Ini 3 Puasa Sunnah Jelang Idul Adha Beserta Niatnya

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT