fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

54 Tahun PT Semen Tonasa Bangun Negeri, Sebuah Harapan Besar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, PANGKEP – Ribuan orang Pangkep dari berbagai Penjuru memadati kawasan PT. Semen Tonasa tepatnya 29 Oktober 2022. Kehadiran mereka  dalam rangka mengikuti Event Fun Walk Menjelang 54 Tahun hadirnya PT. Semen Tonasa di Desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

Pada Hari Rabu, Tepatnya 02 November 2022, Pabrik Semen Terbesar di Indonesia Timur ini, genap berusia 54 Tahun sejak berdirinya Tahun 1968 silam.

Kembali ke dalam kemeriahan Fun Walk dalam Rangka HUT PT. Semen Tonasa ke 54 yang di hadiri ribuan orang Pangkep. Kemeriahan acara tahunan yang yang bertabur ratusan hadiah ini, hingga menyediakan hadiah utama Paket Umrah, memang menjadi daya tarik sendiri.

ADVERTISEMENT

Tapi di balik kemewahan hadiah, ada rasa yang begitu besar di hati masyarakat Pangkep mendorong mereka hadir di Fun Walk ini, yakni rasa memiliki dan rasa kebanggan pada PT. Semen Tonasa sebagai aset daerah yang keberadaannya menjadi kebanggaan masyarakat Pangkep.

Tidak dapat di pungkiri kehadiran BUMN penghasil semen ini di Kabupaten Pangkep sejak berdirinya 54 Tahun silam menjadi primadona warga Pangkep dalam mengangkat perekonomian dan mengubah kesejahteraan masyarakat.

Tahun demi tahun PT. Semen Tonasa membangun negeri dengan berbagai kontribusi aktif dalam pembangunan di berbagai wilayah dikawasan Indonesia Timur.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ramaikan Bursa Caleg DPRD Sulsel, Appi Tes Suara Untuk Pilkada Makassar

Tak dapat di pungkiri PT. Semen Tonasa yang saat ini mempunyai kapasitas jumlah produksi 5.980.000 ton semen pertahun, menjadi produsen Terbesar di Indonesia Timur. Bahkan di proyeksikan mampu mendukung kebutuhan semen secara Nasional, karena dukungan bahan baku yang melimpah sehingga pabrik akan terus beroperasi dan PT. Semen Tonasa terus berkontribusi untuk pembangunan di negeri ini.

Jika secara Nasional PT. Semen Tonasa mampu berkontribusi, maka tak dapat di pungkiri bahwa kehadiran BUMN yang berlokasi di Desa Biring Ere ini pasti berperan besar dalam membangun Kabupaten Pangkep menjadi Kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi yang maju.

Ada Dua fakta yang sangat masyarakat Pangkep rasakan dengan hadirnya PT. Semen Tonasa, pertama adalah lapangan kerja yang sangat besar bagi warga lokal, baik sebagai karyawan langsung di BUMN ini, bergabung dalam perusahaan Afiliasi maupun perusahaan Vendor yang menjalin kerjasama dengan PT. Semen Tonasa.

ADVERTISEMENT

Fakta kedua, bahwa di balik suksesnya PT. Semen Tonasa dalam merajai pasar semen di Indonesia Timur, banyak keuntungan yang di dapat dan dengan otomatis kesejahteraan semua pekerja dengan sendirinya akan meningkat. Dan di balik keuntungan besar itu, PT. Semen Tonasa hadir dengan bentuk program dan lingkungan/Corporate Sosial Responsibility (TJSL/CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial bagi masyarakat Pangkep.

Baca juga:  Bertemu Plt Dirut Semen Tonasa, Ketua Serikat Pekerja FPOST Sampaikan Aspirasi Ini

Sebagai Perseroan yang beroperasi dan berkembang di tengah masyarakat, Semen Tonasa turut bertanggung jawab dalam mendorong kemajuan masyarakat sekitar dengan berbagai program yang sangat membantu masyarakat. Bersinergi dengan Pemkab Pangkep PT. Semen Tonasa menghadirkan program program antara lain.”
Tonasa Mandiri
PT. Semen Tonasa berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Pangkep.
Tonasa Cerdas
PT. Semen Tonasa berperan serta secara aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Tonasa Sehat
PT. Semen Tonasa Pedulian dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat dan lingkungan.
Tonasa Bersahaja
PT. Semen Tonasa peduli terhadap kondisi sosial dan peran serta aktif terhadap pengembangan aspek seni dan budaya serta olah raga.
Tonasa Hijau
PT. Semen Tonasa berkomitmen dalam pelestarian alam secara berkelanjutan.

Dan sebagai bentuk paling nyata dalam tanggung Jawab sosial, PT. Semen Tonasa yakni sangat memperhatikan masyarakat khususnya 11 Desa Lingkar sekitar perusahaan dalam berbagai hal dan kesempatan untuk mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Nah, dari Dua fakta nyata ini kita bisa menarik suatu kesimpulan bahwa kehadiran PT. Semen Tonasa di Pangkep sangat nyata di rasakan oleh semua lapisan masyarakat. Kehadiran industri semen ini, banyak memberikan pengaruh positif bagi masyarakat lokal. Bahkan, awal tahun ini, sesuai data dari BPS angka kemiskinan berkurang karena salah satu faktornya kehadiran berbagai bantuan industri semen ini ke lingkungan sekitar dalam program CSR.

Baca juga:  Polsek Bungoro Gelar Police Goes To School di SMKN 2 Pangkep

Jadi sebuah kewajaran, kehadiran puluhan ribu warga Pangkep pada Fun Walk dalam rangka HUT PT. Semen Tonasa ke 54 adalah sebagai rasa memiliki dan kecintaannya pada pabrik semen ini. Semua tertarik hadiah, tapi rasa memiliki dan kecintaan yang di tunjukkan puluhan ribu masyarakat Pangkep yang hadir adalah sebuah cerminan harapan dari mereka agar PT. Semen Tonasa terus maju, maju dan maju dan selalu memberi hadiah kepada masyarakat Pangkep meski bukan dalam undian kupon Door prize Fun Walk nantinya.

PT. Semen Tonasa tepatnya 02 November 2022 akan genap 54 tahun. Semoga di usia yg setengah abad lebih ini, PT. Semen Tonasa di bawah komando bapak  Mufti Arimurti akan semakin jaya dan sukses. Slogan ” Kokoh, Kuat dan Percaya.” akan selalu menggema di seantero Negeri.

Selamat Ulang Tahun PT. Semen Tonasa ke 54 (02 November 1968 – 2022).

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT