No menu items!

6 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Tubuh

Promo

LAYAR.NEWS – Bukan hanya memanjakan indera perasa, coklat hitam juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Meskipun sering dihindari bagi pelaku diet, namun coklat memberi manfaat kesehatan jika dimakan secukupnya. Setidaknya hanya satu atau dua potong sehari.

Dikutip dari Okezone, berikut enam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi coklat hitam:

Membantu menurunkan berat badan

Alih-alih dihindari saat diet, cokelat hitam justru dapat membantu menurunkan berat bada. Menurut ahli saraf Will Clower dalam bukunya Eat Chocolate, Lose Weight, dia menjelaskan bagaimana makan sepotong dark chocolate 20 menit sebelum dan lima menit setelah makan dapat mengurangi nafsu makan hingga 50 persen.

Menurut Clower, ini karena cokelat memicu hormon yang memberi tahu otak anda “Saya kenyang”. Namun, ingatlah bahwa ini hanya berlaku untuk dark chocolate yang kaya akan kakao.

Baca juga:  Kenali Avoidant Personality Disorder, Malu dan Cemas Berlebihan
Memberi kekuatan otak

Berkat kandungan flavanol pada cokelat akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Coklat hitam merupakan makanan otak yang sangat baik, sehingga para peneliti menguji propertinya dengan pasien Alzheimer.

Baca juga:  Mengantuk Setelah Olahraga? Ini Sebabnya

Dalam uji coba yang diterbitkan oleh Nature Neuroscience, ditemukan bahwa “intervensi flavanol tinggi ditemukan untuk meningkatkan fungsi dentate gyrus (DG)”

DG menjadi wilayah otak di mana “fungsi menurun sehubungan dengan penuaan manusia”. Meskipun penelitian tersebut menjelaskan flavanol memiliki potensi untuk membantu penderita Alzheimer, namun flavanol tidak dapat mencegah penyakit sepenuhnya.

Membuat kulit cantik

Selain bermanfaat untuk otak, Flavonoid pada coklat juga bermafaat pada kulit. Ia bertindak sebagai filter untuk sinar UV yang berbahaya dan melindungi Kamu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Diketahui juga, cokelat hitam adalah pereda stres yang hebat, sehingga membantu menjaga kulit tetap muda, segar, dan bebas kerutan.

Obat manjur dari alam

Cokelat hitam adalah obat anti penyakit, dengan bukti yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidannya yang tinggi berpotensi menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan aliran darah.

Baca juga:  Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Dipercaya bahwa flavanol yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel (lapisan arteri) untuk memproduksi oksida nitrat, yang pada gilirannya melemaskan arteri dan akibatnya, menurunkan tekanan darah.

Baca juga:  Cara Jaga Kesehatan Telinga Jika Sering Memakai Headset
Meningkatan energi

Jika Kamu ingin mencoba untuk tidak minum kopi namun ingin tetap aktif, cokelat hitam bisa menjadi jawabannya. Ada 43mg kafein per setiap 100g.

Sebuah studi baru-baru ini dari Universitas Kingston London juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat bermanfaat bagi para atlet. Berkat kemampuan cokelat hitam untuk meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen keseluruh otot, membuat mereka lebih aktif dan bertenaga.

Membantu hidup lebih lama

Sampai saat ini, Jeanna-Louise Calment adalah orang ‘terverifikasi’ tertua yang pernah hidup, mencapai ulang tahunnya yang ke 122. Rahasia Jeanna? Dia menyukai coklat, yang mengandung antioksidan, yang membantunya mencapai usia yang memecahkan rekor itu. Selain coklat hitam, rumornya adalah bahwa dia juga penggemar minyak zaitun dan mengendarai sepedanya. Namun yang jelas, kombinasi dari ketiganya, membuat tetap fit sampai usia 122 tahun.

Baca juga:  Sering Memendam Emosi? Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Baca berikutnya: Puasa Rawan Sariawan, Ini Penyebabnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Jeritan Pemilik Warkop di Tengah Pengetatan PPKM Mikro

Warkop indentik sebagai tempat nongkrong malam hari. Lantas bagaimana nasibnya di tengah pengetatan PPKM?

Populer

Berita Terkait