fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ada Fitur Baru Instagram Bantu Untuk Pulihkan Akun Kena Hack

Promo

LAYAR NEWS — Instagram terus berupaya menghadirkan beragam fitur yang bisa memperkuat keamanan dan melindungi akun pengguna dari orang-orang jahat.

Yang terbaru, perusahaan yang berada di bawah naungan Meta tersebut kini meluncurkan fitur baru yang memudahkan pengguna memulihkan akun yang kena hack/diretas, melalui landing page Instagram.com/hacked.

Lewat halaman tersebut, Instagram kini bisa membantu menyelamatkan akun pengguna yang telah diretas (hack) oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk meminta pertolongan Instagram ketika akun di-hack, pengguna hanya perlu mengakses Instagram.com/hacked dari peramban (browser) desktop atau mobile, serta memilih menu “My account was hacked”.

Lalu, pengguna bisa mengisi beberapa informasi yang berkaitan dengan akun Instagram mereka, serta dibimbing untuk proses pemulihan akun.

Selain bisa menyelamatkan akun yang terkena hack, halaman Instagram.com/hacked juga berfungsi membantu pengguna yang kehilangan akses akun mereka atau memiliki masalah lain terkait akun Instagramnya.

Beberapa di antaranya seperti masalah lupa kata sandi (password), tidak mendapatkan kode akses masuk atau kode OTP (One-Time Password), pelaporan akun Instagram lain yang meniru akun kita, dan masih banyak lagi.

Di samping fitur Instagram.com/hacked, Instagram juga merilis fitur Request Help from Friends.

Seperti namanya, fitur yang sudah diuji coba sejak Februari lalu ini memungkinkan pengguna meminta tolong dua orang teman mereka di Instagram untuk memverifikasi identitas pengguna tersebut.

Verifikasi ini dibutuhkan supaya pengguna yang kehilangan akses ke akunnya bisa masuk kembali ke akun Instagram mereka masing-masing.

Perlu dicatat, teman yang dimintai pertolongan harus mengonfirmasi identitas pengguna tersebut dalam waktu 24 jam. Jika tidak, maka pengguna harus kembali mencari dua teman lainnya yang mau memverifikasi akun mereka.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Instagram.com, Jumat (16/12/2022), fitur Instagram.com/hacked dan Request Help from Friends sudah bisa dijajal pengguna Instagram secara global mulai hari ini.

Upaya berantas akun palsu
Selain mengumumkan dua fitur tadi, Instagram turut menguji coba beberapa fitur dan kebijakan baru untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan menggunakan Instagram.

Salah satunya adalah menguji coba kemampuan Instagram untuk mendeteksi dan menghapus akun-akun yang mencurigakan, seperti akun-akun palsu, secara otomatis melalui sistem.

Kemudian, Instagram juga sedang menguji coba sebuah fitur yang bisa memberi peringatan kepada pengguna, apabila akun yang baru saja mengikuti (follow) mereka terdeteksi merupakan akun palsu.

Peringatan yang sama juga nantinya bakal didapat pengguna apabila akun-akun tersebut, terutama akun-akun Instagram untuk bisnis, mengirimkan pesan pribadi (Direct Message/DM) kepada pengguna.

Menurut Instagram, fitur peringatan ini nantinya berguna untuk mencegah peretasan atau penipuan terjadi di Instagram. Di samping fitur peringatan, Instagram juga nantinya bakal memunculkan ikon “centang biru”, alias status akun asli (verified) yang “menempel” di sebelah kanan nama akun pengguna, di lebih banyak tempat atau halaman di Instagram. Beberapa di antaranya seperti di halaman Instagram Stories, jendela percakapan DM, hingga Instagram Feed.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Survei: 89,34% Pelanggan Puas Terhadap Pelayanan PDAM Makassar

Perumda Air Minum Kota Makassar mendengarkan pemaparan hasil survei kepuasan pelanggan terhadap layanan di Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT