fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Afrika Selatan Temukan Varian Baru Virus Corona, Picu Gelombang Kedua

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Kementerian Kesehatan Afrika Selatan mengumumkan penemuan varian baru dari virus Corona. Hal ini diduga memicu gelombang kedua lonjakan penularan.

Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize, mengungkapkan temuan ini diberi nama varian 501.V2.

“Kami telah mengadakan pengarahan publik hari ini untuk mengumumkan bahwa varian dari Virus SARS-COV-2 saat ini disebut Varian 501.V2 telah diidentifikasi oleh para ilmuwan genomik kami di Afrika Selatan,” tulis Menteri Kesehatan, Zweli Mkhize, pada akun Twitter nya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kasus Pertama Omicron Ditemukan di Wisma Atlet

Ia menambahkan, berdasarkan bukti yang terkumpul, menunjukkan bahwa gelombang kedua ini didorong oleh varian baru dari virus Corona.

Mengutip dari Routers, Afrika Selatan telah mencatat jumlah infeksi virus korona tertinggi mendekati angka 900.000. Dengan 20.000 lebih kematian. Sehingga munculnya kasus baru ini membuat pemerintah setempat memperketat pembatasan pada masyarakat mulai minggu ini.

Baca juga:  11 Rumah Sakit Di Sulsel Terima APD dari Gugus Tugas Pemprov

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah menghubungi para peneliti Afrika Selatan yang mengidentifikasi varian baru tersebut. Mereka mendapatkan tidak ada indikasi perubahan dalam cara virus jenis baru itu berproses.

ADVERTISEMENT

“Kami bekerja dengan mereka dengan kelompok kerja evolusi Virus SARS-COV-2. Mereka menumbuhkan virus di negara itu dan mereka bekerja sama dengan peneliti untuk menentukan perubahan apa pun dalam perilaku virus itu sendiri dalam hal penularan,” kata ahli epidemiologi WHO, Maria Van Kerkhove.

Baca juga:  Satgas COVID-19 Sulsel Pantau Varian Omicron

Meski begitu, Otoritas Kesehatan Afrika Selatan mengatakan varian baru ini tampaknya memiliki tingkat penularan lebih cepat. Namun mereka menilai masih terlalu dini untuk menilai tingkat keparahannya. Serta apakah vaksin yang ada saat ini mampu mengatasi varian baru tersebut.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

NasDem Tancap Gas, Siapkan Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi didapuk oleh Partai NasDem untuk bersaing dalam Pilkada Makassar 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT