fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

AHY Ucapkan Selamat Kepada Anies dan Cak Imin, Partai Demokrat Berpeluang Gabung KIM

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, mengucapkan selamat atas deklarasi duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). 

Demokrat sebelumnya bagain dari KPP namun mengundurkan diri dari koalisi itu sebelum deklarasi pasangan itu digelar di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 2 September 2023.

“Kita tidak tahu dalam perjalanan kedepan kita mungkin akan bertemu kembali dan menjalani kerja sama agenda-agenda besar kebangsaan. Untuk itu saya mengucapkan selamat kepada Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Muhaimin Iskandar yang baru saja mendeklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024, semoga sukses,” kata AHY dalam konferensi pers di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Senin, 4 September 2023.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Anies Baswedan, AHY dan Surya Paloh Bakal Unjuk Kekuatan di Makassar Pertengahan September

AHY menyatakan telah membuka lembaran baru pasca Demokrat mengundurkan diri dari Koalisi Perubahan. Sambari menyebut tidak akan memutus silaturahmi dan  bekerja sama dengan Anies maupun Muhaimin di masa mendatang.

AHY menyatakan bahwa keputusan Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan bukan karena dia tidak menjadi pendamping Anies Baswedan. Akan tetapi, dia menyatakan karena pelanggaran komitmen yang telah mereka sepakati sebelumnya.

Pelanggaran tersebut, menurut dia, tidak sesuai dengan etika berpolitik karena memaksa Demokrat untuk menerima keputusan yang dibuat secara sepihak. 

ADVERTISEMENT

“Bagi kami lebih baik untuk bersepakat untuk tidak sepakat, agree to disagree, daripada dipaksa untuk menerima keputusan yang kami sendiri tidak terlibat dalam prosesnya,” kata dia.

Baca juga:  Terima Audiensi Pimpinan OJK, Pj Gubernur Sulsel Dorong Literasi dan Akses Keuangan

Putra sulung Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut pun memastikan Demokrat akan mengubah haluan. Dia menyatakan mereka akan bergabung dengan koalisi lain.  

“Demokrat akan berikhtiar untuk bergabung dengan koalisi lain yang memiliki kesamaan cara pandang, visi kebangsaan, dan etika berpolitik,” kata AHY. 

ADVERTISEMENT

Dia juga mengimbau kepada seluruh kader Partai Demokrat untuk dapat memaafkan Koalisi Perubahan dan bersiap untuk membuka peluang lebih baik. 

“Mari kita buka lembaran baru kedepan. Kita harus segera move on.”

Saat ini Demokrat belum menentukan akan berlabuh kemana. Majelis tinggi partai itu dikabarkan masih memusyawarahkan langkah politik yang akan mereka tempuh.

Tawaran bagi Demokrat datang dari Koalisi Indonesia Maju yang mencalonkan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden. Koalisi itu terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora. 

Baca juga:  Isu Kudeta di Partai Demokrat, Istana Tak Akan Jawab Surat AHY

Politikus PAN, Syafruddin Budiman, menyatakan mereka membuka pintu jika Demokrat ingin bergabung. 

“Kami sangat terbuka jika partai Demokrat ingin bergabung kedalam KIM. Kita bisa duduk bareng dan menyamakan persepsi terkait ide dan gagasan membangun Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045,” kata Syafrudin Sabtu lalu, 1 September 2023.

Syafrudin menyatakan kemungkinan Partai Demokrat bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju cukup besar. Pasalnya, AHY dan Prabowo sama-sama memiliki latar belakang sebagai mantan prajurit TNI.  

“Bergabung ke Prabowo kemungkinan besar. Karena lebih se visi dengan Prabowo yang nasionalis dan sama-sama dari Militer.” Kata Syafrudin. 

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT