fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Alami Asam Urat, Hindari 5 Makanan Ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Bagi penderita asam urat perlu menghindari sejumlah makanan agar jumlah asam urat dalam tubuh lebih terkontrol.

Hal ini karena beberapa jenis makanan mengandung banyak purin. Saat terlalu sering mengonsumsi jenis makanan itu, jumlah asam urat dalam tubuh dapat bertambah sehingga kesehatan tubuh pun terganggu.

Selain menghindari makanan dan minuman di bawah ini, jumlah asam urat juga bisa dikontrol dengan menerapkan pola hidup sehat yang lain.

ADVERTISEMENT

Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat, seperti dikutip dari Kontan:

Baca juga:  Flu Tiap Pagi, Mungkin Kamu Terserang Rhinitis Alergi

Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi salah satu minuman yang mesti dihindari bagi penderita asam urat. Mengutip dari Very Well health, 12 ons minuman bersoda mengandung sekitar 150 kalori dan tak mengandung nutrisi lain yang menyehatkan tubuh.

ADVERTISEMENT

Ikan

Ikan memang menjadi salah satu makanan yang menyehatkan. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa jenis ikan termasuk dalam pantangan asam urat. Diantaranya ikan tuna dan salmon.

Baca juga:  Manfaat Lidah Buaya, Ampuh Mengatasi Jerawat

Meski mengandung banyak asam lemak omega-3, tapi jenis ikan itu mengandung banyak purin sehingga berpengaruh pada jumlah asam urat.

ADVERTISEMENT

Jamur

Beberapa jenis jamur bisa jadi pantangan asam urat. Supaya jumlah asam urat dalam tubuh tetap terkontrol, cobalah untuk menghindari suplemen atau jenis makanan yang mengandung ekstrak jamur. Mulai dari kecap, sup kaleng, makanan ringan asin, dan lain-lain.

Daging Merah

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah daging merah. Very Well Health mengatakan bahwa menghindari konsumsi daging merah bisa jadi cara menurunkan asam urat.

Baca juga:  Sederet Manfaat Ajaib Ampas Kopi untuk Kecantikan

Untuk mengganti sumber protein, Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya protein lainnya, seperti produk olahan susu rendah lemak, tahu, telur, dan kacang.

Alkohol

Minuman beralkohol termasuk dalam daftar pantangan asam urat yang sebaiknya Kamu hindari. Cara menurunkan asam urat juga bisa Kamu coba dengan mengurangi atau benar-benar tidak mengonsumsi alkohol.

Baca berikutnya: Lakukan Latihan Otak Ini Agar Tidak Cepat Pikun

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT