fbpx
No menu items!

Aliyah Mustika Ilham Gandeng Kemenkes RI Gelar Sosialisasi Antisipasi Penyebaran PIE

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kementerian Kesehatan RI melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menggelar sosialisasi tentang antisipasi penyebaran Penyakit Infeksi Emerging (PIE) kepada para anggota dan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Tahfidz Qur’an, di Hotel Sarison, Selasa (02/08/2022).

Cara antisipasi penting diketahui agar mampu menjaga dan menjadi shelter bagi masyarakat sekitar. Penyakit Infeksi Emerging (PIE) merupakan penyakit dan menyerang suatu populasi untuk pertama kalinya atau telah ada sebelumnya namun meningkat dengan sangat cepat, baik dalam jumlah kasus baru di dalam satu populasi, ataupun penyebarannya ke daerah geografis yang baru (re-emerging infectious disease)

“PIE dapat menjadi ancaman dan perlu menjadi perhatian bersama serta menjadi masalah kesehatan masyarakat serius, bukan hanya karena dapat menimbulkan kematian, tetapi juga karena dapat membawa dampak sosial dan ekonomi yang besar dalam era globalisasi,” ungkap Aliyah Mustika

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, M.Kes dan juga menghadirkan Wakil Direktorat Survelen dan Kekarantinaan Kesehatan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, dr Irawati, yang menyampaikan upaya antisipasi yang dapat dilakukan jika terjadi.

“Pandemi Covid19 kemarin, menjadi pelajaran bagi kita semua. Diperlukan kesiapsiagaan, kewaspadaan dan respon cepat sebagai faktor kunci dalam mengatasi dan menanggulangi penyebaran PIE. Pemetaan risiko PIE suatu wilayah adalah salah satu cara yang harus dilakukan termasuk pertemuan seperti ini perlu dilakukan di semua wilayah,” ujarnya.(*)