fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Anak-anak Penyandang Disabilitas Makassar Bersiap Pementasan Teater di Gedung Kesenian

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Pada tanggal 28 dan 30 Juli 2023, akan diadakan pementasan teater yang melibatkan 10 penyandang disabilitas di Gedung Kesenian Sulsel Societeit De Harmonie, Jl. Riburane No.15, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua panitia Workshop Teater Disabilitas, yang juga menjadi sutradara pementasan, Syahrini Andriyani, menyatakan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari berbagai latar belakang, termasuk siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB), alumni SLB, dan perwakilan lembaga disabilitas.

Para peserta memiliki beragam jenis disabilitas, di antaranya disabilitas netra (tuna netra), little people (orang pendek), intelektual, daksa (tuna rungu), oypmk (mantan penderita kusta), dan bibir sumbing. Pementasan teater ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan wadah bagi penyandang disabilitas untuk mengekspresikan diri melalui seni teater, serta menghadirkan pertunjukan yang inklusif dan mencerahkan bagi masyarakat. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang keberagaman dan memberikan inspirasi bagi orang-orang dengan disabilitas.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Danny-Fatma Resmi Dilantik Jadi Ketua Mabicab dan Kwarcab Pramuka Makassar

Rini, yang merupakan sapaan akrab dari Syahrini Andriyani, mengungkapkan bahwa para peserta pementasan teater ini merupakan peserta yang baru pertama kali mengikuti pelatihan khusus di bidang teater. Hal yang sama berlaku bagi dirinya sendiri, di mana ini adalah pertama kalinya ia menyutradarai sebuah teater yang melibatkan penyandang disabilitas sebagai aktor dan aktris.

“Untuk melatih ini pertama kali saya. tapi kalau berinterksi dengan teman-teman disabiltas sudah sering. Karena kebetulan saya juga dekat dengan lembaganya HWDI (Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia), ” kata Rini yang berkecimpung di dunia seni sejak awal tahun 2000-an.

Baca juga:  KPU Sulsel Siapkan Kertas Surat Suara Khusus dan Pendamping Bagi Penyandang Disabilitas

Sementara untuk naskah teater yang akan dipentaskan nanti masih dalam proses eksplorasi namun sudah ada garis besar sola pertunjukannya nanti.

ADVERTISEMENT

“Tapi secara gambaran sudah ada di saya melihat kemampuan beberapa hari ini sudah ada. cuman memang saya belum memastikan dari struktur adegan, ” kata Rini.

Dijelaskan juga bila 10 penyandang disabilitas ini sudah mengikuti pelatihan sejak Sabtu, 22 Juli 2023 lalu. Menurutnya peserta begitu senang dan gembira mengikuti pelatihan ini.

“Alhamdulillah mereka cepat beradaptasi dan hari kedua sudah mulai jalan pelatihannya sesuai rencana. kemudian saya memang mengambil hal-hal yang tidak begitu menyulitkan meraka untuk produktif pada pertunjukan nanti, ” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Dia juga menjelaskan kegiatan yang didanai oleh Kementarian Pendidikan dan Kebuduyaan lewat danaindonesiana ini juga sebgai gerakan inklusif bahwa tidak hanya non disabilitas saja bisa aktif dan berkreasi di dunia teater.

Baca juga:  Gelora Sulsel Usulkan Prabowo Sebagai Dukungan Capres, Begini Alasannya

“Karena ini inklusi ya. Saya ingin mereka juga ada distribusi ilmu (teater) dan lebih merata. Karena saya tau di sekolah-sekolah di beberapa tempat juga terbatas sekali pendidikan tentang teater. ” ujarnya.

Rini berharap dari kegiatan ini, para peserta memunculkan kepercayaan besar dalam dirinya dalam berinteraksi dan berkreatvitas di dunia seni.

“Saya ingin setelah ini mereka jadi kepercayaan diri muncul. Meraka akan punya rasa percaya diri yang besar lagi. Lepas dari kegiatan ini mereka paling tidak sudah bisa tau bahwa aku sama saja dengan yang lainnya (dengan non disabilitas, ” ujarnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT