fbpx
No menu items!

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal, Ini Syaratnya

Promo

LAYAR.NEWS – Pemerintah melakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak berusia di bawah 12 tahun, selama perpanjangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, saat pengumuman perpanjangan PPKM pada Senin (20/9/2021) lalu.

“Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orangtua,” kata dia dikutip dari Kompas.com pada Rabu (22/9/2021).

Namun, tidak semua daerah menerapkan uji coba ini. Berikut wilayah yang melakukan uji coba memperbolehkan anak berusia di bawah 12 tahun masuk pusat perbelanjaan:

  • DKI Jakarta
  • Kota Bandung
  • Kota Yogyakarta
  • Kota Surabaya.

Pada ketentuan sebelumnya, anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh masuk pusat perbelanjaan atau mal.

Syarat Masuk Mal Bagi Anak Berusia di Bawah 12 tahun

Melalui uji coba yang dilakukan pemerintah tersebut, terdapat beberapa syarat ketentuan yang harus dipenuhi.

Baca juga:  Gelombang Kasus Covid-19 Masih Mengintai Jika...

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI Purn dr Alexander K Ginting menjelaskan, syarat tersebut melibatkan anak dan orang tuanya. Sehingga anak berusia di bawah 12 tahun yang akan masuk mal wajib didampingi oleh orang tuanya.

Saat ini anak-anak di bawah 12 tahun di Indonesia belum bisa menerima vaksin. Sehingga syarat masuk mal bagi anak adalah kedua orang tuanya wajib sudah divaksin.

“Ayah ibunya status aplikasi peduli lindungi warna hijau,” kata Alexander.

Adapun yang dimaksud warna hijau adalah seseorang yang telah divaksin Covid-19 dua dosis.

Pengguna dengan status QR Code warna hijau dinyatakan aman, sehingga diizinkan atau diperbolehkan mengakses fasilitas umum.

Selain itu, lanjutnya, kondisi anak harus sehat. Ketika masuk mal anak dan orang tuanya harus beriringan atau bersama-sama. Begitu pula saat keluar dari mal. Kemudian Protokol kesehatan selama di dalam mal juga harus diterapkan.

“Si anak tidak bergejala, suhu normal, masuk beriringan, check in, prokes diterapkan dan check out bersamaan,” jelasnya lagi.

Baca juga:  Pasien Covid-19 Sulsel Nyaris Nol Persen, Ahli: Banyak Masyarakat Takut ke RS

Baca berikutnya: KPK Pecat 57 Pegawai Tanpa Uang Pensiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

HUT ke-352, Pemprov Sulsel Berhasil Pertahankan Sejumlah Aset

Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan sejumlah penghargaan terhadap tim penyelamat aset negara pada perayaan HUT ke-352 Sulawesi Selatan.

Populer

Berita Terkait