fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Anggaran Pilwali Makassar Diusul Rp64 Miliar dengan Skema 7 Pasangan Calon

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengusulkan permintaan anggaran ke Pemerintah Kota (Pemkot) sebesar Rp64 miliar untuk biaya Pilwali 2024. Pengusulan anggaran tersebut menggunakan skema tujuh pasangan calon.

Ketua KPU Kota Makassar, M. Faridl Wajdi mengaku, pihaknya telah melakukan pengusulan, rencananya dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Hanya saja pencairan dana hibah mengikuti mekanisme Permendagri nomor 41 2020, yakni, 40 persen APBD Perubahan 2023 dan 60 persen APBD Pokok 2024.

Baca juga:  Pemkot Gelar Pasar Murah di 50 Kontainer Makassar Recover

“Kita ajukan Rp64 miliar Pilwali 2024, sekarang 40 persen disahkan sekitar Rp25 miliar tahap pertama di 2023,” kata Farid.

ADVERTISEMENT

Menurut Farid, pencairannya dilakukan melalui transfer, dilakukan 14 hari setelah penandatanganan NPHD.

“Nanti tranfer kedua di 2024 yakni 5 bulan sebelum hari Pilkada. Jadi sebenarnya ini siklus transfer saja. Jadi, yang tanda tangan nilainya itu yang tertuang dalam naskah perjanjian,” tuturnya.

Baca juga:  Gugatan Tanah di Jeneponto Ditolak, Ramlah Siap Hadapi Bila Penggugat Ajukan Banding

Dia pun mengapresiasi langkah Pemkot merespon anggaran untuk Pilwali Makassar.

ADVERTISEMENT

“Ini prestasi hebat yah, karena ini luar biasa. Kalau dilihat siklusnya dalam 6 tahun pemerintah kota tiga kali NPHD, 2017, 2020 dan ini kami siap siap lagi 2024. Pemerintah kota sudah berpengalaman seperti ini,” tutupnya.

Diketahui alokasi anggaran ini untuk membiayai seluruh tahapan pelaksanaan Pilwali Makassar dengan asumsi jumlah pasangan calon (paslon) sebanyak tujuh kandidat. Faridl menambahkan, dari asumsi sebanyak tujuh paslon ini, tiga paslon diprediksi berasal dari partai politik. Sisanya jalur independen atau perseorangan.

Baca juga:  2023, Keterbukaan Informasi Publik di Sulsel Diklaim Semakin Baik

“Dari usulan anggaran Pilwali 2024. Asumsinya KPU 7 paslon. Jadi 3 palon jalur perorangan (independen) dan 4 calon jalur partai politik,” tutup dia.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT