fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Apakah AHY Penuhi ‘Kriteria 0’ Cawapres? Ini Jawaban Anies Baswedan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, JAKARTA — Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menambahkan kriteria tambahan yang disebut ‘kriteria 0’ untuk calon wakil presidennya, yaitu seseorang yang tidak bermasalah dan berani. Pertanyaannya, apakah sosok Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memenuhi kriteria tersebut?

“Ha-ha-ha, menurut Anda gimana?” kata Anies kepada wartawan usai laga voli Indonesia vs Vietnam di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023).

Saat ditanyakan apakah momen nonton bareng (nobar) dirinya dan AHY dapat dimaknai sebagai kemesraan, Anies enggan menjawab. Anies menjelaskan kedatangan mereka untuk nobar.

ADVERTISEMENT

“Kita nonton bareng,” tuturnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menambahkan ‘kriteria 0’ sebagai syarat untuk calon wakil presidennya. Kriteria tersebut adalah tidak memiliki masalah dan berani. ‘Kriteria 0’ ini menjadi isyarat tambahan dari Anies dalam menentukan calon wakil presidennya. Sebelumnya, Anies telah menyampaikan 3 kriteria lainnya.

Baca juga:  Tegaskan Belum Ada Deklarai Cawapres untuk Anies, Ali: Banyak Variabel yang Harus Dipertimbangkan

“Saya ingin sampaikan begini lagi, saya mencoba dalam keputusan itu pakai kriteria supaya predictable, if you make decision, you really have kriteria itu, jadi 1, dia bisa membantu kemenangan. Masa pasangan yang malah buat kalah gitu, iya kan, nomor 1 dia bisa membantu kemenangan,” kata Anies Baswedan kepada wartawan, Kamis (20/7/2023).

ADVERTISEMENT

Kemudian, Anies memerlukan bacawapres yang bisa membuat koalisi solid. Kemudian, menurutnya, bacawapresnya harus punya visi yang sama dan membantu dalam proses pemerintahan.

Baca juga:  Rencana Roadshow Politik Anies Baswedan di Sulsel, Berada di Luwu pada 22 September

“Kedua, dia bisa membuat koalisi solid, ketiga, dia bisa membantu di dalam proses pemerintahan bila ditakdirkan menang. Keempat, dia punya visi yang sama. Jangan sampai visinya beda nanti rutenya beda,” ucap Anies.

Kriteria terakhir, Anies juga ingin didampingi oleh sosok yang punya kepribadian baik. Selain itu, chemistry dengan dirinya juga harus baik.

ADVERTISEMENT

“Yang kelima adalah lebih pada kepribadian, apa chemistry-nya baik. Boleh kan punya chemistry yang baik sehingga bisa jadi dwitunggal, bener kan kira-kira gitu. Lima kriteria itu, dalam proses ini sedang menjalani ini,” ujarnya.

Baca juga:  Ashabul Kahfi Serahkan Bantuan Tanggap Bencana di Jeneponto

Namun Anies mengungkap ada kriteria khusus lainnya. Dia menyebut ini sebagai kriteria 0.

“Saya rasa dalam perjalanannya kelihatannya ada kriteria nomor 0, yaitu dulunya saya memasukkan itu, yaitu tak bermasalah, tak bermasalah dan berani. Karena, kalau ada masalah, mudah sekali kesandung sekarang ini,” jelas Anies.

“Jadi kriterianya lima terus muncul kriteria ke-0, (yakni) tak bermasalah. Ternyata itu faktorial sangat penting karena, kalau tidak kepleset-kepleset sepanjang, siapa namanya, ini dia, mudah-mudahan beberapa waktu ke depan bisa selesai, tapi sekarang lagi dibahas kalau yang limanya kelihatannya mudah, yang 0 ini yang lagi dicari supaya aman, cari yang tidak bermasalah,” sambung dia.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT