fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Arab Saudi Tetapkan Lebaran Idul Fitri 21 April 2023

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Bulan sabit Syawal telah terlihat di Arab Saudi.

Menurut laporan dari HindustanTimes, Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Fitri tahun 2023 jatuh pada tanggal 21 April. Keputusan ini diambil karena bulan sabit Syawal tidak terlihat pada malam Kamis (20/4) kemarin.

Baca juga:  Servis Motor di AHASS, Pasti Nyaman Digunakan

Sementara itu, bulan sabit dikabarkan telah terlihat di Arab Saudi pada hari ini. Oleh karena itu, Idul Fitri ditetapkan akan dirayakan pada Jumat, 21 April 2023.

ADVERTISEMENT

Menurut laporan astronomi, bulan sabit Syawal hanya akan muncul dengan intensitas 0,2% tepat setelah matahari terbenam, dan hampir tidak mungkin terlihat selama beberapa menit setelah matahari terbenam pada Kamis, 20 April di Mekkah, Arab Saudi, karena gerhana matahari total hibrida yang langka. Gerhana ini juga dikenal sebagai gerhana matahari annular-total.

Baca juga:  120 Lokasi Pemantauan Hilal di Indonesia, Penentuan Lebaran Digelar Dalam Sidang Isbat Malam Ini

Namun, di sisi lain, pantai Barat AS kemungkinan akan melihat bulan sabit Syawal dengan intensitas 1% dan sedikit lebih tinggi di langit setelah matahari terbenam sekitar 10 jam kemudian.

Pada Jumat, 21 April 2023, bulan sabit Syawal akan lebih mudah terlihat dari mana saja di seluruh dunia, dengan intensitas penerangan sekitar 2,4% dari Mekkah. Umumnya, bulan sabit Syawal akan jauh lebih tinggi dan lebih terang di langit setelah matahari terbenam, sedangkan di pantai Barat AS, intensitas penerangan akan mencapai sekitar 4%.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Panwascam Berpengalaman di Pemilu Jadi Prioritas di Pilkada Serentak 2024 Sulsel

Bawaslu Sulsel berkomitmen untuk memprioritaskan Panwascam berpengalaman dalam Pemilu Februari untuk Pilkada Serentak 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT