fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Awas! Ini Akan Terjadi Pada Mesin Jika Malas Ganti Oli

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Oli adalah salah satu bagian kendaraan yang harus rutin diganti karena memiliki masa pakai.

Mengganti oli kendaraan menjadi penting karena berfungsi untuk melumasi setiap permukaan komponen dalam ruang mesin.

Lantas, apa jadinya jika kendaraan tak pernah diganti olinya?

ADVERTISEMENT

Melansir DetikOto, laman resmi Exxon Mobil menjelaskan bahwa kualitas oli yang buruk akan membuat mesin bermasalah nantinya. Sehingga pemilik kendaraan harus rutin melakukan ganti oli.

Oli yang buruk dalam ruang mesin, akan membuat mesin harus bekerja ekstra dan membuatnya gampang panas. Selain itu, mesin juga jadi tak bertenaga.

Baca juga:  Cara Share Lokasi Lewat Whatsapp Agar Lebih Akurat

“Kondisi fisik oli yang memburuk akan membuat daya hantar panasnya semakin berkurang. Inilah yang akan menyebabkan tidak meratanya penyebaran panas pada mesin,” tulis Exxon Mobil.

ADVERTISEMENT

Ciri lain dari kualitas oli yang menurun adalah muncul suara kasar. Seperti yang kami tulis di awal, oli punya fungsi untuk melumasi setiap permukaan komponen dalam ruang mesin.

Baca juga:  Cara Mengajari Anak Agar Aman Bermedia Sosial 

“Ciri lainnya adalah suara mesin. Kualitas oli yang menurun akan mengakibatkan menurunnya daya lumas terhadap gear transmisi akan terganggu. Hal inilah yang akan menimbulkan bunyi kasar saat anda mengoper gigi atau saat mesin digas,” lanjut mereka.

Senada dengan Exxon Mobil, dilansir dari laman resmi Hyundai Mobil Indonesia, jika kendaraan tetap digunakan dengan kondisi oli mesin yang buruk, maka akan terjadi dampak fatal terhadap mesin.

ADVERTISEMENT

“Pertama-tama, oli yang ada pada mesin akan membentuk kerak dalam waktu lama. oli yang berkerak ini akan memperberat kinerja mesin sehingga mesin lebih boros dan tidak bertenaga,” tulis Hyundai.

Baca juga:  Awas! Setel Musik Terlalu Keras dalam Mobil Tingkatkan Potensi Kecelakaan

“Lalu fatalnya, kerak ini akan mengurangi pelumasan mesin, menyebabkan gesekan, dan akan merusak internal mesin dalam jangka panjang,” lanjut mereka.

Tentu, jika komponen mesin mengalami kerusakan seperti baret pada blok atau metal mesin yang tergesek, pemilik kendaraan perlu mengganti komponennya.

Baca berikutnya: Tips Merawat Ban Mobil Saat Musim Hujan

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT