fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Awas! Ini Bahaya Obati Covid-19 dengan Antivirus Tanpa Resep Dokter

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Kini banyak beredar informasi di media sosial terkait mengobati Covid-19 secara mandiri menggunakan obat-obatan antivirus dan antibiotik tanpa resep dokter.

Tentunya ini menarik perhatian masyarakat, terutama bagi penderita Covid-19 yang tidak bergejala atau hanya gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan obat-obatan antivirus dan antibiotik sembarangan bisa membuat kerusakan organ yang berakibat fatal.

ADVERTISEMENT

Beberapa jenis obat yang disebut sebagai obat yang dapat mengobati Covid-19 antara lain, Azithromycin, Favipiravir, dan Dexamethasone. Padahal obat tersebut adalah obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Baca juga:  Ahli Prediksi Corona Akan Jadi Seperti Flu Biasa

“Inilah yang terjadi di masyarakat, ada orang yang minum azithromycin hingga 10 hari. Dosis dan durasi minum yang tidak sesuai ini efeknya bisa merusak hati dan ginjal,” kata dr Muhammad Alkaff SpPd, spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Persahabatan yang dikutip dari Hello Sehat, Senin (12/7/2021).

Semakin maraknya penggunaan antibiotik secara asal-asalan berpotensi membuat masalah baru di tengah pandemi yang masih belum bisa tertangani. Tapi sayangnya obat antibiotik maupun antivirus ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek-apotek tidak resmi maupun toko online. Hal tersebut membuka peluang masyarakat untuk membeli secara bebas obat tersebut.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Mengapa Masih Ada yang Tidak Percaya Keberadaan Covid-19?

Apa itu Azithromycin, Favipiravir, Dexamethasone?

Azithromycin adalah antibiotik untuk mengobati penyakit infeksi akibat bakteri. Azithromycin digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 karena memiliki peran sebagai antivirus.

Namun obat ini hanya diresepkan pada pasien Covid-19 kriteria tertentu sesuai dengan penilaian dokter. Konsumsi antibiotik yang tidak diperlukan berisiko semakin rentannya tubuh terhadap infeksi dan berakibat kebal terhadap pengobatan antibiotik dikemudian hari.

Sementara favipiravir atau avigan adalah obat antivirus yang penggunaannya harus dengan resep dokter.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Wali Kota Makassar Klaim Warga Makin Sadar Protokol Kesehatan

Kemudian dexamethasone merupakan obat steroid golongan kortikosteroid. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi peradangan, gangguan pencernaan, asma, dan reaksi alergi.

Kadang, dexamethasone juga digunakan dalam pengobatan beberapa jenis kanker. Setelah melalui uji klinis, Dexamethasone terbukti ampuh menyelamatkan pasien Covid-19 dari kondisi kritis.

Jadi penggunaan obat ini diberikan oleh dokter pada pasien Covid-19 di rumah sakit yang dalam kondisi kritis.

Penggunaan obat-obatan keras tanpa bimbingan medis bisa menyebabkan keterlambatan penanganan yang tepat, memperburuk kondisi, serta meningkatkan morbiditas.

Baca berikutnya: Teknik Proning, Bantu Tingkatkan Saturasi Oksigen Pengidap Covid-19

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

NasDem Tancap Gas, Siapkan Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi didapuk oleh Partai NasDem untuk bersaing dalam Pilkada Makassar 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT