fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Awas Jangan Salah, Ini 4 Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhan hidup kini kian mudah dengan adanya uang elektronik. Uang elektronik sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni e-wallet dan e-money.

E-wallet maupun e-money telah banyak dipergunakan masyarakat di kota-kota besar maupun di daerah. Meskipun sama-sama berfungsi untuk pembayaran transaksi digital, keduanya memiliki perbedaan.

Berikut ini beberapa perbedaan antara e-money dengan e-wallet, seperti dikutip dari Flick:

ADVERTISEMENT

Pengisian Saldo

Perbedaan pertama antara e-money dan e-wallet adalah dari pengisian saldo. E-wallet umumnya dapat diisi saldo melalui beragam bank atau merchant. Sedangkan, pengisian saldo e-money hanya bisa dilakukan melalui bank yang mengeluarkan e-money tersebut.

Baca juga:  Begini Nasib Rekening Nasabah Bank Syariah BUMN Usai Merger

Berbasis Chip dan Server

Untuk e-wallet diketahui sebagai uang elektronik yang berbasis pada sistem server. E-wallet umumnya diadopsi dan dikelola melalui sebuah aplikasi yang terinstal pada smartphone. Maka untuk dapat mengaksesnya, e-wallet juga membutuhkan koneksi internet.

Sementara itu, e-money merupakan uang elektronik yang berbasis pada sebuah chip. Chip ini biasanya dibenamkan pada sebuah kartu. Tanpa koneksi internet, e-money tetap bisa digunakan misalnya dengan cara mengetap kartu pada mesin untuk penggunaan transportasi umum.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ini Dampak Upgrade Stadion Mattoangin Bagi Ekonomi Sulsel

Registrasi

Perbedaan e-wallet dan e-money lainnya adalah pada sistem registrasi. Registrasi e-wallet membutuhkan identitas yang jelas dan lengkap dalam penggunaannya. Sementara pada e-money, pengguna tidak perlu melakukan registrasi yang lengkap. Pengguna e-money hanya perlu top-up saldo langsung lewat pihak penerbit kartu.

Maksimal Saldo

Mau top-up dana dalam jumlah besar? E-wallet adalah pilihan tepat. Pasalnya, e-money memiliki keterbatasan limit saldo yang kecil. Sedangkan, kamu bisa top-up dana mulai dari jutaan hingga puluhan juta di e-wallet. Mau makan, shopping, bayar semua kebutuhan bisa langsung di e-wallet.

Baca juga:  Aduh, Saham Unilever Ambles! Market Cap Menyusut Rp33 T

Bagaimana? Sudah tahu kan perbedaan e-wallet dan e-money? Meskipun sama-sama digunakan untuk bertransaksi digital, kamu bisa pilih e-wallet bila ingin top-up saldo lebih besar. Tentunya, dengan menyimpan saldo kamu di e-wallet, kamu bisa belanja apapun dan kapapun dengan mudah tanpa harus membawa dompet kemana-mana.

ADVERTISEMENT

Baca berikutnya: Bank Indonesia Bakal Keluarkan Mata Uang Digital

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

CIMB Niaga Fokus Atasi Gizi Buruk Melalui Kegiatan CSR pada Tahun ini

Direktur Compliance, Corporate Affairs, & Legal PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Fransiska Oei menyatakan pihaknya fokus
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT