No menu items!

Awas, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Kere di Bulan Ramadhan

Promo

LAYAR.NEWS – Berpuasa di bulan Ramadhan seharusnya menjadi ajang menahan diri. Sayangnya, makna tersebut terkadang luput.

Bahkan, beberapa kebiasaan di bulan Ramadhan yang bisa menguras keuangan. Kebanyakan tidak sadar menghabiskan banyak uang untuk buka puasa bersama, sampai beli baju baru jelang Lebaran. Bukannya bisa berhemat, malah jadi boros.

Nah, berikut ini adalah 5 kebiasaan yang bisa bikin kamu kere selama bulan Ramadan seperti yang dilansir dari IDN Times:

Banyak menghadiri undangan berbuka puasa bersama

Saat bulan Ramadhan, undangan berbuka puasa bersama pun berdatangan. Bahkan di awal-awal Ramadhan. Kebiasaan mendatangi berbagai undangan berbuka puasa bersama tanpa disadari akan menguras keuangan Kamu.

Undangan ini tentu harus kamu minimalisir. Bayangkan bila kamu menghadiri 10 undangan buka puasa bersama dengan rata-rata uang yang dikeluarkan sebesar Rp50 ribu per kehadiran. Itu artinya, kamu akan menghabiskan uang minimal Rp500 ribu.

Meski setahun sekali, namun acara buka puasa bersama juga harus bijak disikapi.

Lapar mata jelang buka puasa

Nah, kebiasaan satu ini memang selalu menghantui saat jelang buka puasa. Di waktu tersebut, kamu jadi mudah lapar mata saat hendak mencari menu berbuka puasa, baik di lingkunganmu maupun melalui aplikasi online.

Bahkan tanpa sadar kamu seringkali membeli banyak makanan. Saat berbuka, kamu tidak mampu untuk menyantap semua menu yang ada. Patut diingat, saat berbuka puasa, tubuh kamu tidak akan bisa langsung menampung banyak makanan. Jadi, bijak-bijak ya saat membeli menu berbuka puasa.

Keseringan Ngecek Barang di E-commerce

Tak bisa dipungkiri sih kalau sekarang mau beli apa-apa tinggal buka e-commerce. Belanja emang bisa jadi salah satu pemuas diri dan pengusir kebosanan.

Tinggal ketik barang yang kamu cari atau sekadar scroll barang di e-commerce, lalu tiba-tiba kamu beli barang itu, padahal kamu gak butuh-butuh amat. Waspada kebiasaan yang bikin kamu kere ini ya.

Apalagi menjelang Idul Fitri, saat promo menggiurkan bertaburan di e-commerce, kamu harus bijak jika ingin membeli sesuatu.

Beli paket data yang jumlahnya makin besar

Beli paket data berlebihan ini perlu kamu hindari. Memang, saat bulan Ramadhan kita kerap mencari kesibukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya ya nonton YouTube, main game, atau scroll linimasa di media sosial. Kegiatan itu otomatis akan banyak menguras kuotamu.

Coba deh perhatikan berapa data internet yang kamu gunakan per hari, per minggu dan per bulannya. Kamu juga bisa cek aplikasi mana yang paling menyedot kuota paket data kamu.

Tidak terkontrol dalam menggunakan THR

Pemerintah sudah mewajibkan pengusaha untuk membayar THR penuh dan tepat waktu. Setelah setahun kamu tidak membelanjakan uang, kamu mungkin berpikir untuk menghabiskan THR kamu untuk membeli baju baru, sepatu baru dan benda lainnya.

Alih-alih kamu menghabiskan semua THR kamu, coba deh simpan dan tabung uang kamu untuk jaga-jaga setelah bulan puasa, mungkin saja ada yang lebih penting kan.

Baca berikutnya: Kalla Group Gelar Kajian Ramadhan Virtual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Ini 4 Tanda Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Sejatinya Allah SWT memberikan tanda saat doa yang dipanjatkan hambanya terkabulkan

Populer

Berita Terkait