fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Bagus Untuk Kulit, 5 Makanan Ini Kaya Kolagen

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Kolagen penting untuk menjaga kulit agar tetap halus dan terlihat awet muda. Sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan kolagen.

Tetapi ternyata kita bisa memenuhi kebutuhan kolagen dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen. Hal ini tentunya menjadi alternatif lebih baik. Pasalnya, mengonsumsi suplemen dalam jangka panjang juga tidak bagus bagi kesehatan.

Mengutip OkeZone, berikut adalah 5 jenis makanan yang kaya akan kolagen yang dinilai lebih baik dari suplemen:

ADVERTISEMENT

Daging

Karena kolagen adalah protein paling melimpah pada mamalia, tidak mengherankan jika kolagen ditemukan dalam berbagai jenis daging kaya protein, termasuk daging sapi dan ayam.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Clinical Interventions in Aging, leher ayam dan tulang rawan dapat digunakan untuk mengobati radang sendi dengan sukses karena kandungan kolagennya yang melimpah.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sederet Manfaat Ajaib Ampas Kopi untuk Kecantikan

Ikan

Menurut sebuah penelitian di jurnal Food and Nutrition Sciences, kolagen ikan bahkan mungkin lebih disukai daripada kolagen yang ditemukan dalam daging yang mengandung protein seperti daging sapi atau babi.

Menurut penelitian, kolagen ikan diserap hingga 1,5 kali lebih efisien ke dalam tubuh jika dibandingkan dengan sumber kolagen sapi atau babi. Karena fakta bahwa kolagen ikan diserap lebih efisien (dan karena itu memasuki aliran darah pada tingkat yang lebih cepat), itu dianggap sebagai salah satu sumber kolagen terbaik.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Gunakan Kosmetik Kadaluarsa

Putih telur

Kolagen secara alami ditemukan di kulit dan putih telur. Secara total, putih telur mengandung 18 asam amino dan sembilan asam amino esensial.

Lebih khusus lagi, jenis kolagen yang ada dalam putih telur menyediakan glukosamin sulfat, kondroitin sulfat, asam hialuronat, dan berbagai asam amino lain yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Spirulina

Lebih dari 60 persen spirulina terdiri dari asam amino, bahan pembangun kolagen. Oleh karena itu, mikroalga biru-hijau yang ditemukan di perairan tawar dan laut merupakan sumber yang sangat baik.

Sebuah studi tahun 2017 dalam jurnal Pharmaceutical Biology menemukan bahwa ketika spirulina dimasukkan ke dalam krim kulit topikal, spirulina meningkatkan viabilitas sel dan membantu penyembuhan luka.

Baca juga:  Ini 8 Tips Jitu Cegah Bau Mulut

Seperti jenis daging tertentu, spirulina adalah sumber protein yang bagus. Faktanya, satu sendok makan spirulina bubuk menghasilkan 6 gram nutrisi pembentuk otot.

Kaldu tulang hewan

Kaldu tulang hewan disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang mengandung kolagen tinggi. Mengonsumsi kaldu tulang hewan yang berasal dari sapi, ayam, atau ikan bisa menambah jumlah kolagen dalam tubuh.

Kaldu tulang hewan dapat dibuat dengan mendidihkan tulang sapi, ayam, atau ikan dalam air. Proses ini yang diyakini dapat mengekstraksi kolagen.

Baca berikutnya: Begini Cara Rawat Kulit Leher agar Tidak Belang

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

NasDem Tancap Gas, Siapkan Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi didapuk oleh Partai NasDem untuk bersaing dalam Pilkada Makassar 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT