fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Banjir Bandang di Sumsel 6 Orang Meninggal Dunia, Begini Kelanjutan Penanganannya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan terus berupaya mencari satu warga yang masih dinyatakan hilang atas bencana banjir bandang yang melanda wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Banjir diketahui terjadi pada Kamis, 23 Mei 2024. 

“Adapun korban yang sudah berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia hingga hari ini, Selasa, 28 Mei ada sebanyak enam orang,” tulis keterangan dalam siaran pers yang diterima dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Selasa, 28 Mei 2024.

Sementara itu, wilayah terdampak berdasarkan pendataan sementara yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meliputi 7 desa dan 3 kelurahan di Kecamatan Baturaja Barat, kemudian 3 desa dan 6 kelurahan di Kecamatan Baturaja Timur, selanjutnya 7 desa di Kecamatan Lubuk Batang, berikutnya 3 desa di Kecamatan Peninjauan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Banjir Rendam 5 Kecamatan Hingga Picu Longsor di Kerinci Jambi 

Adapun 2 desa di Kecamatan Sosoh Buay Rayap juga terdampak, kemudian 5 desa di Kecamatan Muara Jaya, selanjutnya 18 desa di Kecamatan Semidang Aji, berikutnya ada 7 desa di Kecamatan Lengkiti dan sisanya di Kecamatan Pengandonan masih dalam pendataan.

BNPB juga merangkum rumah yang terdampak ada sebanyak 12.909 unit dimana 110 rumah mengalami rusak berat dan 12 rusak sedang. Selain itu sebanyak 41 fasilitas ibadah serta 15 gedung fasilitas umum milik pemerintah, 43 peternakan, 23 jembatan, 141 toko atau warung, 118 hektar lahan pertanian atau perkebunan dan lainnya turut terdampak oleh bencana yang dipicu oleh faktor cuaca itu.

Baca juga:  Hari ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Mulai Dibuka

Dari sekian banyak rumah terdampak itu ada 55.879 warga yang terdampak, dimana 12.849 jiwa mengungsi. Hingga siaran pers ini diturunkan, seluruh warga pengungsi itu telah berangsur kembali ke rumah mereka masing-masing kecuali yang rumahnya rusak berat atau hanyut oleh banjir.

ADVERTISEMENT

Adapun kondisi mutakhir saat ini untuk wilayah OKU bagian hulu seperti kecamatan Lengkiti, Sosoh Buay, Rayap, Kota Baturaja, Lubuk Batang, Peninjauan, kedaton Peninjauan Raya terpantau banjir telah surut dan menuju fase pemulihan. 

Baca juga:  Hore! Kuota Internet Gratis Pelajar Disalurkan Hari Ini

Sedangkan untuk OKU wilayah hilir seperti sebagian wilayah Kedaton Peninjauan Raya masih terdapat genangan dengan tinggi muka air kurang lebih 30 sentimeter dan diperkirakan akan surut dalam 1-2 hari kedepan.

Banjir yang terjadi di Muara Enim sendiri terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah itu pada Selasa, 21 Mei. Sebanyak 8.385 warga yang tinggal di empat desa dan dua kelurahan terdampak banjir. 

ADVERTISEMENT

“Atas bencana itu sebanyak 1.887 rumah terendam dengan tinggi muka air bervariasi antara 40-300 sentimeter. Adapun kondisi mutakhir saat ini banjir sudah berangsur surut,” BNPB menyudahi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT