fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Banjir Rendam 5 Kecamatan Hingga Picu Longsor di Kerinci Jambi 

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jambi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, lima kecamatan terendam banjir di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Banjir terjadi seiring dengan meluapnya sungai yang membentang di lokasi setempat. 

Selain banjir, otoritas setempat juga melaporkan kejadian tanah longsor meski belum menginformasikan ada atau tidaknya korban jiwa. Kejadian bencana tersebut dipicu hujan dengan intensitas lebat yang terjadi sejak Senin, 10 Juni 2024.

struktur tanah menjadi labil dan terjadi longsor yang menutup akses Jalan Nasional keesokan harinya, tepatnya pada Selasa, 11 Juni. Peristiwa banjir dan longsor ini melanda lima Kecamatan di Kerinci, tercatat empat kecamatan yang terdampak banjir.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Percepat Proses Evakuasi Warga Terdampak Banjir-Longsor di Sumbar, BNPB Terapkan TMC

Yaitu Kecamatan Gunung Kerinci, Kecamatan Danau Kerinci, Kecamatan Depati dan Kecamatan Siulak Mukai, dan satu Kecamatan terdampak oleh tanah longsor yaitu Kecamatan Siulak.

“Sebanyak 300 KK dan 300 rumah terdampak akibat peristiwa banjir yang tercatat ketinggian air nya mencapai 10-80 cm,” tulis keterangan dalam siaran pers yang diterima dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu, 12 Juni 2024.

Baca juga:  OPM Tolak Deklarasi Papua Barat Merdeka Benny Wenda

Kejadian ini juga mengakibatkan akses Jalan Nasional dari Desa Lubuk Nagodang via Padang (Sumatera Barat) terputus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan karena tertimbun material longsor dengan volume panjang 20 meter dan ketinggian mencapai satu meter.

ADVERTISEMENT

BPBD Kerinci dan Pemprov Jambi terus melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan aparat setempat untuk proses distribusi bantuan berupa selimut, terpal serta kebutuhan permakanan untuk warga terdampak. 

Baca juga:  3 Orang Meninggal Dunia Imbas Longsor dan Lahar Dingin Semeru

Mereka juga terus melakukan pembersihan material banjir dan longsor dengan mengerahkan dua excavator yang menimbun akses Jalan Nasional agar jalur tersebut kembali bisa dilalui oleh masyarakat.

Kondisi mutakhir yang disampaikan oleh BPBD Kerinci pada Selasa, pukul 18.00 waktu setempat menyebutkan bahwa kondisi air berangsur mulai surut dan akses Jalan Nasional sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT