fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Bawaslu Sulsel Catat 69 Kasus Netralitas ASN di Pemilu 2024, Ini Daerah Terbanyak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi atensi dalam momentum Pemilu 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan mencatat ada puluhan kasus dugaan pelanggaran netralitas ASN yang ditangani. 

“Dari Laporan Hasil Pengawasan (LHP) ada 47 kasus, temuan 10 kasus, laporan delapan kasus, dan sudah dilimpahkan ke Gakkumdu empat kasus dengan total 69 kasus,” kata Komisioner Bawaslu Sulsel Alamsyah kepada jurnalis, Senin, 12 Februari 2024.

Baca juga:  Pemkot Makassar Kembangkan Potensi Budaya dan UMKM Lewat Longwis

Laporan dugaan pelanggaran yang ditangani tersebar di 24 kabupaten atau kota di Sulsel. Ada 86 jumlah pelapor yang melaporkan pelanggaran dan 48 dinyatakan selesai. Sedangkan 38 diproses tindak lanjut. Dari jumlah itu ada 10 diantaranya terbukti. 

ADVERTISEMENT

Dan sisanya tidak terbukti dugaan kasus pelanggaran netralitas ASN. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan mengingat pemerintah diketahui masif bersosialisasi soal netralitas. “Jadi kebanyakan kami hanya merekomendasikan ke KASN,” tegasnya.

Baca juga:  Gubernur Tinjau Progres Perkerasan Beton di Ruas Burung-Burung - Bilibili Gowa

Berdasarkan data yang dihimpun dari Bawaslu, dugaan pelanggaran netralitas mencakup wilayah seperti Kota Parepare (13 kasus), Palopo (11 kasus), Pangkep dan Takalar masing-masing 6 kasus. Kemudian Bantaeng dan Luwu Timur (5 kasus), Bone, Luwu Utara dan Makassar (3 kasus).

Selanjutnya Kabupaten Enrekang dan Toraja Utara masing-masing 2 kasus. Adapun untuk daerah Luwu, Pinrang, Sinjai, Barru, Bulukumba, Gowa, Selayar, Soppeng, Maros dan Wajo, 10 daerah ini hanya terdapat 1 kasus.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Peringatan untuk ASN Kemenag Sulsel: Jangan Pungli

(Sumber foto: Pemkab Kulon Progro)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Peringatan Waspada Sarang Buaya Dekat Pemukiman Warga di Makassar

Otoritas terkait telah memasang papan imbauan, waspada buaya dekat pemukiman warga di sekitar Sungai Tallo, Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT