fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Bayi Bermata Satu Lahir di Yaman, Meninggal 7 Jam Kemudian

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Seorang bayi bermata satu lahir di Yaman. Kehadirannya di dunia hanya tujuh jam, tapi banyak perhatian yang tertuju padanya hingga sekarang. Bayi berjenis kelamin laki-laki ini memiliki satu soket mata dan satu saraf optik saja. Dia lahir pada Maret 2022.

Jurnalis asal Yaman, Karim Zarai, adalah orang yang pertama kali mengunggah foto bayi tersebut ke dunia maya dan langsung viral. Bayi itu lahir di Al Bayda, Yaman Pusat.

Baca juga:  Gabungan Delta dan Omicron Ciptakan Varian Lebih Berbahaya

“Ini adalah kasus langka yang dikenal di mitologi Yunani,” ujar Zarai sebagaimana ditulis Gulf News.

ADVERTISEMENT

Namun, baru lahir ke Bumi, bayi mungil ini hanya bisa bertahan selama tujuh jam sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir. Tidak diketahui secara pasti mengapa sang bayi meninggal dunia.

Kondisi bayi yang terlahir dengan mata satu dalam dunia medis dikenal dengan sebutan cyclopia. Ini adalah kondisi cacat yang dianggap sebagai salah satu yang paling langka di dunia.

Baca juga:  Simak Dampak Konsumsi Minuman Bersoda Setelah Olahraga 

Cyclopia juga dikenal dengan sebagai alobar holoprosencephaly. Kondisi kesehatan ini biasanya terjadi pada 1 dari 100 ribu bayi baru lahir.

ADVERTISEMENT

Melansir Healthline, cyclopia terjadi ketika bagian otak depan tidak membelah dengan sempurna. Sering pula, kondisi ini menyebabkan keguguran atau kelahiran mati. Sebab, bukan hanya karena bermata fungsi, bayi yang terlahir dengan kondisi ini biasanya memiliki masalah kesehatan lain karena adanya malformasi otak bayi sejak awal kehamilan.

Baca juga:  Omicron Ditemukan di 57 Negara, Indonesia Termasuk?

Kendati demikian, belum ada yang tahu pasti penyebab dari cyclopia. Beberapa pakar mengaitkannya dengan radiasi, namun ada juga spekulasi paparan kimia atau racun yang menjadi biang kerok masalah ini.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Hasil Survei: Persaingan 3 Poros Partai di Pilgub Sulsel 2024 

Indeks Politica Indonesia merilis hasil survei jelang Pilgub Sulsel 2024 yang berpotensi memunculkan tiga poros partai.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT