fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Begadang, Begini Cara Bayar “Hutang” Tidur yang Benar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Saat begadang, jatah tidur kamu pastinya berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan daya berpikir dan konsentrasi kamu cenderung akan menurun. Bahkan, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, dapat meningkatkan risiko kamu mengalami obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes.

Maka, jatah tidur harus tercukupi. Namun, jangan “balas dendam” di akhir pekan. Ini bukanlah cara yang tepat. Menururut sebuah penelitian, membayar hutang tidur dengan cara ini dapat menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2, lho. Lalu, bagaimana cara melunasi hutang tidur yang benar?

Baca juga:  Sering Overthinking, Ini 5 Tips untuk Menghentikannya

Dilansir dari Alo Dokter, idealnya, waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah sekitar 7–8 jam per hari. Namun, sebenarnya, setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Tergantung aktivitas yang dilakukan. Ada yang membutuhkan tidur malam selama 9 jam. Ada pula yang merasa cukup dengan tidur 7 jam.

ADVERTISEMENT

Untuk melunasi hutang tidur, harus dilakukan dengan benar. Tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Cara pertama, yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah jam tidur. Namun, penambahan waktu tidur ini tidak boleh terlalu banyak. Hanya boleh sekitar 1–2 jam.

Baca juga:  Cara Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Puasa

Hitunglah terlebih dahulu jam tidur kamu yang hilang. Kemudian alokasikan jam tidur yang hilang tersebut untuk waktu tidur kamu beberapa hari ke depan. Misalnya, jika kamu berhutang tidur selama 5 jam, kamu bisa menambah waktu tidurmu sebanyak 1 jam selama 5 hari.

ADVERTISEMENT

Cara yang kedua, kamu bisa menulasi hutang tidur dengan cara tidur siang. Sisihkanlah waktumu untuk tidur siang selama 15–30 menit saja. Jangan sampai kamu tidur siang terlalu lama, ya. Hal ini justru dapat membuatmu kesulitan untuk tidur di malam hari dan membuat hutang tidurmu bisa bertambah.

Baca juga:  Ternyata Bernyanyi di Kamar Mandi Bermanfaat Bagi Kesehatan Loh!

Akan tetapi, lain halnya jika hutang tidurmu sudah menumpuk hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun lamanya. Jika sudah begini, cobalah untuk mulai mencukupi waktu tidurmu setiap malamnya. Kamu juga bisa menghindari penggunaan alarm agar tubuh dapat bangun sendiri sesuai kebutuhannya. Lama-kelamaan, jam tidurmu akan kembali normal dengan sendirinya.

Hutang tidur bukanlah perkara yang sepele. Bila kamu ingin selalu sehat, usahakan untuk tidur yang cukup setiap hari, ya. Jika kamu memiliki masalah tidur yang menyebabkan kamu terus-menerus begadang hingga memiliki hutang tidur.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Libur Lebaran, Bugis Waterpark Adventure Semakin Diminati Turis

Sejumlah turis domestik menikmati liburan di Bugis Waterpark Adventure (BWP). Wisata air ini menjadi destinasi wisata favorit
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT