No menu items!

Begini Cara Merawat Kaktus di Dalam Ruangan

Promo

LAYAR.NEWS – Merawat kaktus di dalam ruangan tidak sama dengan yang diletakkan di luar ruangan. Kaktus yang berada di dalam ruangan jika salah perawatan bisa membusuk dan mengecil.

Bahkan, kaktus di dalam ruangan bisa mati setelah ditanam 1 sampai 2 bulan. Hal ini bisa terjadi karena tata cara perawatan yang keliru. Jadi, apabila kamu memiliki kaktus yang dijadikan elemen dekorasi penghias di dalam rumah, maka kamu perlu merawatnya dengan benar agar tidak busuk dan mati.

Berikut 4 cara merawat kaktus di dalam ruangan agar tidak busuk dan mati dilansir dari Kompas.com:

Pilih tanaman kaktus yang sehat

Tanaman kaktus yang sehat bisa ditandai dengan tumbuhnya duri baru yang berwarna lebih cerah di bagian ujungnya. Kaktus sehat juga bisa terlihat dari tidak adanya jamur di bagian kulit badannya, serta tidak berlumut.

Selain itu, kaktus sehat tidak akan mendapati serangga atau hama di media tanamnya yang menandakan akar kaktus sedang terinfeksi. Dengan memilih tanaman kaktus yang sehat, maka itu akan memudahkanmu untuk merawat kaktus di dalam ruangan.

Pastikan kaktus mendapat penyinaran yang cukup

Karena merupakan tanaman gurun pasir, tanaman kaktus menyukai sinar matahari. Jadi, jika kamu menempatkan kaktus di dalam ruangan, maka tempatkan di dekat jendela dan usahakan kaktus mendapat sinar matahari setiap hari.

Apabila kaktus tidak mendapatkan sinar matahari setiap hari, maka kamu tidak boleh malas untuk membawa kaktus keluar rumah sekurang-kurangnya 1 minggu sekali di antara jam 7 – 10 pagi

Pilih pot yang tepat

Ketika mengoleksi tanaman kaktus di dalan ruangan, sudah barang tentu kamu akan memilih pot yang cantik dan menarik agar tampak serasi. Pot tanaman sendiri ada yang terbuat dari plastik batu ukir ataupun semen, ada yang memiliki lubang di bagian bawahnya dan ada juga yang tidak.

Untuk tanaman kaktus, Kamu juga perlu perhatikan pemilihan pot. Ada pot yang terbuat dari plastik dengan biaya yang lebih murah dapat menjadi rapuh akibat penyiraman, apalagi yang bagian bawahnya tidak berlubang. Pot batu dan pot semen yang harganya lebih mahal memang lebih kokoh dan kuat, namun akar tanaman bisa menempel di dinding bagian dalam. Jika tanaman kaktus sudah semakin besar, maka kamu harus segera mengganti potnya agar akar di dalamnya bisa bernafas dan tanaman tumbuh dengan baik.

Perhatikan penyiraman

Penyiraman kaktus di luar ruangan bisa dilakukan 3 atau 4 hari sekali. Namun, untuk kasus yang ada di dalam rumah cukup sekali saja setiap pekan.

Untuk kaktus di dalam ruangan, sebaiknya menyiramnya menggunakan semprotan. Agar air yang disiramkan bisa terarah ke bagian tanah. Usahakan agar tidak mengenai badan kakatus untuk mencegah pembusukan karena penguapan di dalam ruangan lebih lambat.

Baca berikutnya: 5 Tanaman Hias Berwarna Putih Buat Rumah Terlihat Elegan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Ini 4 Tanda Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Sejatinya Allah SWT memberikan tanda saat doa yang dipanjatkan hambanya terkabulkan

Populer

Berita Terkait