fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Begini Kesiapan Penerapan VAR di Championship Series Liga 1

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Operator kompetisi atau penyelenggara Liga 1 semakin mematangkan persiapan penerapan VAR jelang babak Champions Series yang mempertemukan empat klub kompetitor. Mereka yang bakal berlaga dalam ajang perebutan jawara itu yakni, Borneo FC, Persib Bandung, Madura United dan Bali United. 

“Proses persiapan alat-alat VAR berjalan sesuai jadwal. Rencananya, VAR Mobile yang dikerjakan sudah siap beroperasi dan meluncur ke venue pertandingan hari ini,” ujar Direktur Operasional LIB, Asep Saputra, dilansir dari laman resmi PT Liga Indonesia Baru, Sabtu, 11 Mei 2024.

Sesuai rencana, VAR akan digunakan pada babak Championship Series yang dimulai pada 14 Mei mendatang. Sebanyak dua unit VAR Mobile langsung diberangkatkan pada Jumat, 10 Mei ke dua venue yang akan menggelar laga-laga leg pertama. Satu unit menuju Gianyar yang akan digelar pertandingan Bali United FC kontra Persib Bandung pada 14 Mei 2024. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Tavares Sebut, 5 Laga Terakhir PSM Makassar Adalah Partai Final

Satu unit lagi bergerak ke Stadion Gelora Bangkalan, untuk laga Madura United FC menghadapi Borneo FC Samarinda pada 15 Mei 2024. Selain itu, akan ada dua unit mobil yang diberangkatkan ke Balikpapan dan Bandung untuk pertandingan leg kedua championship series yang bergulir pada 18 dan 19 Mei 2024. 

LIB sendiri mempersiapkan 12 unit VAR Mobile untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1 musim depan. VAR Mobile ini akan digunakan sebagai VAR Room bagi personel perangkat video assistant referee seperti VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator). Mereka akan bertugas di dalam VAR Mobile yang ditempatkan di dekat stadion.

Baca juga:  PT LIB Tampung Saran Soal Regulasi Liga 1 Musim Depan, Apa Saja?

Berbeda dengan mobil pada umumnya, VAR Mobile tentu dilengkapi berbagai fitur yang dipersiapkan untuk mengakomodir alat-alat VAR. Seperti enam unit layar monitor, komputer, dan server. Agar alat-alat VAR bisa beroperasi maksimal, di dalam mobil tersedia tiga buah pendingin udara. 

ADVERTISEMENT

Satu di VAR Room, dua di ruang server untuk menunjang kinerja perangkat server dan komputer. VAR Mobile juga dilengkapi dengan generator. “Untuk kelengkapan fitur ini kami tidak main-main, mengingat biaya yang dihabiskan untuk alat-alat VAR sangatlah mahal,” terang Asep Saputra. 

Baca juga:  Tak Ada PSM Dalam Pengumuman Lisensi Klub Liga Indonesia, PSSI Persilakan Banding

“Sebelum membuat VAR Mobile, kami telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile. Kami juga berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak karoseri yang mempersiapkan unit-unit VAR Mobile,” Asep Saputra menyudahi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Perjuangan Berat Timnas Menanti di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara peringkat dunia perjuangan Indonesia memang berat untuk bisa langsung lolos dari babak ketiga karena bercokol dengan sejumlah negara kuat Asia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT