fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Belum Capai Target Lansia, Makassar Mulai Vaksinasi Anak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Sebuah link pendaftaran vaksinasi anak 6-11 tahun yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar tersebar di beberapa grup WhatsApp.

Disebutkan bahwa vaksinasi anak akan digelar di Mall Pipo Athrium Hongkong, Jalan Metro Tanjung Bunga pada Sabtu 15 Januari 2022, besok.

Sementara, per 14 Januari 2022 capaian vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) Kota Makassar belum memenuhi target persyaratan yakni minimal 60 persen. Mengutip laman Vaksin Kemenkes, capaian vaksinasi lansia Kota Makassar baru mencapai 47,04 persen.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sekda Kota Makassar Bersama USAID IUWASH Tangguh Bahas Pengelolaan IPAL

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan Kota Makassar sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui surat edaran untuk melakukan vaksinasi anak.

“Iya benar, vaksin anak sudah bisa dilakukan. Tadi malam sudah ada SE Kemenkes untuk dilaksanakan vaksin anak,” kata Nursaidah, melalui pesan WhatsApp, Jumat (14/1/2021).

Namun, Nursaidah tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai isi surat edaran tersebut dan alasan Kota Makassar tetap diperbolehkan melaksanakan vaksinasi anak meski belum memenuhi syarat.

ADVERTISEMENT

Diketahui, syarat melakukan vaksinasi pada anak usia 6–11 adalah kabupaten/kota telah mencapai cakupan 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama dan cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai 60 persen.

Baca juga:  Kodim 1408/Makassar Tanam Pohon Hijaukan Kampung Nelayan Untia

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto menegaskan untuk menggenjot capaian vaksinasi lansia. Ia meminta setiap pegawai hingga RT/RW harus bisa membawa lansia layak divaksin dalam satu hari.

Danny menjelaskan, kendala utama vaksinasi lansia belum capai target karena tekanan darahnya yang tinggi. Sehingga tidak layak vaksin.

ADVERTISEMENT

“Persoalannya bukan di lansianya, tapi di layak vaksinnya. Karena banyak lansia yang tidak layak vaksin karena tekanan darahnya di atas 180, dan itu dalam protap tidak diperbolehkan vaksin. Dari 8 lansia, hanya 1 yang layak vaksin,” paparnya.

Baca juga:  Kas Tekor Rp452 Juta, Dewan Bakal Panggil Manajemen RSUD Daya

“Sehingga saya memerintahkan 22 ribu birokrat Kota Makassar yang terdiri dari 10 ribu ASN dan 12 ribu non ASN, membawa satu lansia yang layak vaksin. Jadi bukan hanya bawa lansia, tapi layak vaksinnya penting,” pungkasnya.

Baca berikutnya: Makassar Satu-satunya Daerah di Sulsel Bisa Lakukan Vaksinasi Booster

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

PKS Sulsel Berduka: Ketua BPW Sulawesi Surya Darma Kenang Sosok Almarhum Ahmad Saleh

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan berduka. Salah satu kader terbaiknya, Ahmad Saleh meninggal dunia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT