fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Belum Dapat Bantuan, Tim Tinju Sulsel Upayakan Mandiri Fasilitas Latihan Jelang PON Aceh-Sumut

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Situasi miris dialami tim tinju dari Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Sulawesi Selatan. Jelang menghadapi PON XXI Aceh-Sumut 2024, mereka belum mendapat fasilitas yang layak untuk berlatih. 

Padahal 12 atlet yang lolos seleksi ini akan mewakili Sulsel dalam ajang turnamen antar provinsi se-Indonesia. Pengprov Pertina Sulsel pun mengupayakan secara mandiri fasilitas berlatih untuk seluruh atlet yang bakal berlaga nanti karena belum mendapat bantuan dari Pemprov Sulsel dan KONI.

Peralatan latihan tersebut diserahkan oleh Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Harpen Reza Ali, di tempat pemusatan latihan GOR Pemuda, Jalan AP Pettarani, Sabtu, 27 April 2024. Penyerahan ini untuk memfasilitasi para atlet agar bisa berlatih lebih fokus jelang PON tahun ini. 

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Harpen Ali telah menyerahkan peralatan latihan pada pada acara buka puasa Pengprov Pertina Sulsel di Cafe Ombak beberapa waktu lalu disaksikan pengurus KONI Sulsel. Bantuan peralatan latihan yang diserahkan putra tokoh olahraga nasional asal Makassar A Reza Ali ini, berupa 12 pasang glove (sarung tinju). 

Baca juga:  Selamat Jalan Akira Toriyama! Pencipta Dragon Ball Meninggal Dunia karena Sakit Ini 

Kemudian Headguard (pengaman kepala), 8 buah samsak dan uang transpor bagi 12 atlet dan tim pelatih. ‘’Ini merupakan inisiasi Ketua Pengprov Pertina Sulsel Bapak Harpen Reza Ali. Pengadaannya menggunakan dana pribadi,” jelas salah satu official tim tinju Sulsel yang juga Wakil Ketua Pengprov Pertina Sulsel, M Tawing dalam siaran pers yang diterima, Senin, 29 April 2024.

Penyerahan ini sebagai respons atas nihilnya bantuan fasilitas yang diterima dari pemerintah. “Itu karena sampai hari ini belum ada bantuan dari Pemprov Sulsel maupun dari KONI Sulsel kepada tim tinju Sulsel yang tengah mempersiapkan diri mewakili Sulsel pada PON XXI Aceh-Sumut 2024,” lanjut M Tawing.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Longsor di Tana Toraja Sebabkan Banyak Korban Jiwa, BPBD Naikkan Status Jadi Tanggap Darurat 

Tawing yang juga Ketua Pengkot Pertina Makassar tiga periode ini menjelaskan Pertina Sulsel meloloskan 12 atletnya menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024. Setelah mengikuti Pra-PON pada Juli lalu di Makassar dan Pra-PON kedua di Kupang pada Oktober 2023, tim tinju Sulsel langsung tancap gas. 

‘’Tidak ada waktu untuk istrahat. Awal November 2023 kami langsung mempersiapkan diri menghadapi PON 2024. Untuk pemusatan latihan sudah sejak awal Februari 2024. Namun   sampai hari ini belum ada bantuan dari Pemprov Sulsel,” timpal Sekretaris Pemprov Pertina Sulsel, Sri Syahril.

Harpen Reza Ali berharap tambahan bantuan peralatan latihan ini bisa menambah motivasi seluruh atlet tinju Sulsel. ‘’Saya berharap pengadaan peralatan latihan ini bisa menambah semangat dan keseriusan kita untuk berlatih agar petinju Sulsel bisa meraih prestasi di PON Aceh-Sumut nanti,” harapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Update: Begini Kesiapan Pembangunan Stadion Bertaraf Internasional di Makassar

Menurutnya, keberhasilan Sulsel meloloskan 12 atlet pada PON 2024 seharusnya diapresiasi oleh Pemprov Sulsel. ‘’Apalagi sepanjang sejarah,  ini kali pertama Sulsel mampu meloloskan 12 atlet tinju di PON. Selama ini paling banyak Sulsel hanya bisa meloloskan lima atlet saja,” katanya.

Dia berharap Pemprov Sulsel bisa lebih peduli terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga di daerah ini. Terlebih karena Sulsel diberikan target cukup tinggi. ‘’Apalagi, target Sulsel di PON XXI Aceh-Sumut cukup tinggi, lima besar nasional,” ujarnya. 

‘’Kalau target tinggi, seharusnya Pemprov Sulsel juga menyiapapkan anggaran besar agar bisa memenuhi target tersebut. Kalau hanya Rp17,5 miliar tentu tidak cukup. Apalagi jumlah atlet Sulsel yang lolos PON 2024 sebanyak 408 atlet dari 44 cabang olahraga. Itu belum termasuk pelatih dan mekanik,” tambah Sri Syahril.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT