fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Benarkah Air Es Bisa Menurunkan Berat Badan?

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi air putih, tidak terkecuali air es. Bahkan, air dingin atau air es dipercaya bisa menurunkan berat badan dan memperlancar sistem pencernaan.

Air putih atau air es juga merupakan pilihan sehat dan murah, karena tidak mengandung kalori dan bebas gula. Sehingga dianggap lebih sehat daripada minuman manis yang mengandung gula maupun pemanis buatan.

Lantas benarkah air es bisa menurunkan berat badan?

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Berhenti Minum Kopi, Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Rasakan

Mengutip Alo Dokter, meminum air es membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghangatkan air yang masuk ke dalam tubuh, dengan cara membakar kalori untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah, untuk membantu mengurangi berat badan, dianjurkan minum satu gelas air putih atau air es sebelum makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membantu lebih kenyang, sehingga mengurangi asupan makanan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Jangan Asal Lakukan Teknik Proning, Perhatikan Hal Berikut

Meski demikian, minum air es atau air putih saja tidak cukup. Tetap disarankan untuk rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, serta menjauhi makanan dan minuman manis, juga makanan berlemak.

Selain itu, meskipun baik untuk kesehatan, disarankan untuk tidak minum air putih atau air es secara berlebihan. Terutama jika sedang berpuasa atau makan sangat sedikit. Hal ini karena air yang masuk harus seimbang dengan kadar elektrolit.

Baca juga:  Awas, Ini Bahaya Kurang Tidur Bagi Otak

Tubuh perlu menjaga keseimbangan elektrolitnya untuk menghindari risiko hiponatremia, yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan bahkan kematian.

ADVERTISEMENT

Air es memang dipercaya dapat menurunkan berat badan, tetapi pada dasarnya minum air es atau air di suhu ruang memberikan efek yang tidak jauh berbeda.

Baca berikutnya: Segudang Manfaat Air Soda bagi Kesehatan, Bisa Jaga Berat Badan Loh!

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

NasDem Tancap Gas, Siapkan Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi didapuk oleh Partai NasDem untuk bersaing dalam Pilkada Makassar 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT