fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Benjamin Netanyahu Menang Pemilu, Jadi PM Israel Lagi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Pemilihan Umum di Israel akhirnya membuka babak baru bagi masa depan negara itu. Partai Likud Benjamin Netanyahu dan sekutu sayap kanan memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen, menurut hasil akhir yang dirilis pada Kamis (3/11).

Kemenangan ini telah diprediksi sebelumnya, ketika exit poll pada selasa (1/11/2022) memproyeksikan bahwa mantan perdana menteri itu akan mendapatkan mayoritas.

Kemenangan Ini menandai kembalinya Netanyahu secara dramatis setelah ia digulingkan oleh lawan-lawannya tahun lalu atas tuduhan penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan. Ini juga sekaligus mengakhiri periode kebuntuan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel setelah lima pemilihan dalam waktu kurang dari empat tahun.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  DKPP Ingatkan KPU dan Bawaslu untuk Selalu Berkomunikasi Jelang Pemilu 2024

Kali ini Netanyahu, politisi Israel yang dominan di generasinya, memenangkan mayoritas parlemen, didukung oleh partai-partai ultranasionalis dan agama.

Media Israel mengatakan hasil akhir menyebutkan bahwa Partai Likud memenangkan 32 kursi; Partai Sentris 24, aliansi Zionisme Agama ultra-nasionalis sayap kanan 14, dan Partai Persatuan Nasional kanan-tengah dari Menteri Pertahanan Benny Gantz mendapatkan 12.

Baca juga:  Netanyahu: Tak Ada Gencatan Senjata, Kecuali Hamas Bebaskan Sandera

Partai ultra-Ortodoks Shas dan United Torah Judaism masing-masing mendapat 11 dan tujuh kursi, Partai Nasionalis Sekuler Yisrael Beiteinu 6 kursi, Partai Arab Raam dan Hadash-Taal masing-masing 5 kursi, dan Partai Buruh 4 kursi.

ADVERTISEMENT

Perdana Menteri Yair Lapid langsung mengucapkan selamat kepada Netanyahu sesaat setelah hasil diumumkan pada Kamis.

Lapid menelepon Netanyahu, berharap dia beruntung sebagai penggantinya, dan mengatakan dia akan memastikan akan ada transfer kekuasaan yang tertib, kata juru bicara kantor perdana menteri.

Baca juga:  Jika Jadi PM Israel Lagi, Netanyahu Janji Damaikan Rusia dan Ukraina

“Negara Israel datang sebelum pertimbangan politik apa pun. Saya berharap Netanyahu sukses, demi rakyat Israel dan negara Israel,” kata Lapid dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Guardian

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT