fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Berbuka Puasa dengan Air Dingin atau Air Hangat, Mana Lebih Sehat?

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Setelah seharian menahan haus dan lapar tentu berbuka puasa adalah saat yang paling dinanti. Saat waktu berbuka puasa tiba, sebagian besar orang memilih mengonsumsi air dingin sebagai minuman buka puasa. Namun, ada pula yang mungkin memilih air hangat.

Kesegaran air dingin membuat banyak orang memilih buka puasa dengan air dingin. Tetapi ternyata tidak baik untuk tubuh loh. Sebaliknya, minuman hangat saat berbuka puasa memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Melansir Hello Sehat, Praktisi gizi klinis dan olahraga, Rita Ramayulis mengatakan bahwa berbuka dengan minuman yang terlalu dingin akan membuat kerja lambung lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh.

ADVERTISEMENT

Selain itu, perut telah lama tidak diisi makanan ataupun minuman selama hampir 13 jam, lambung akan mengalami kontraksi atau kaget ketika langsung menerima air dingin. Perut juga akan terasa kembung jika langsung dengan minuman dingin.

Baca juga:  Tidak Hanya Percantik Kuku, Ini Manfaat Manicure Pedicure bagi Kesehatan

Sebaiknya pilih minuman yang tak terlalu dingin dan tidak perlu pakai es batu. Jika terlalu dingin, suhu air yang diminum akan terlalu lama menyesuaikannya dengan suhu tubuh.

Minuman hangat lebih baik untuk berbuka puasa

Menurut Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam M.Kes., untuk buka puasa lebih baik memilih minuman yang manis dan hangat. Hal ini agar tidak membuat kaget lambung yang kosong setelah seharian penuh.

ADVERTISEMENT

Berbuka puasa juga bisa dengan terlebih dahulu minum air putih yang tidak dingin atau air dengan suhu ruang. Setelah itu, sekitar lima sampai sepuluh menit, barulah mengonsumsi minuman yang manis atau camilan manis, seperti kurma atau kolak.

Baca juga:  Dukung Kebangkitan UMKM, Bukit Baruga Gelar Kampoeng Ramadhan

Minuman manis seperti teh manis hangat bisa dianjurkan sebagai minuman buka puasa, karena dapat menormalkan kembali gula darah setelah berpuasa.

Namun hati-hati, minuman manis juga tidak boleh berlebihan. Harus sesuai dengan porsinya. Satu gelas teh manis saja sudah cukup membantu menaikkan gula darah dan membuat tubuh kembali berenergi.

ADVERTISEMENT

Selain memilih minuman yang manis dan hangat, juga bisa makan buah-buahan yang manisnya alami. Buah memiliki kandungan air yang tinggi, serta dapat juga menaikkan gula darah yang turun selama puasa.

Baca juga:  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Beras
Manfaat minum air hangat saat berbuka puasa

Secara umum, minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah serta melindungi organ-organ internal dari kerusakan. Namun, minum air hangat saat perut kosong juga memiliki manfaat tersendiri.

Minum air hangat saat berbuka akan lebih cepat mengembalikan suhu tubuh, sehingga lambung Anda dapat menyesuaikan dengan baik setelah lama tidak makan dan minum.

Selain itu, air hangat dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang tentunya dapat membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan. Juga dapat merangsang aliran darah menuju usus dan dapat mencegah sembelit saat puas

Baca berikutnya: 7 Tips Berolahraga saat Berpuasa

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Warga Binaan Lapas Narkotika Gowa Diajari Cara Hidup Sehat, Cegah Potensi Penyakit Ini

Warga binaan Lapas Narkotika Gowa diajari cara hidup sehat untuk mencegah potensi penyakit yang dianggap penting agar bisa dihindari.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT