fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Berdalih Efisiensi Anggaran, Debat Pilkada Makassar Digelar di Jakarta

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news, Makassar – KPU Makassar memastikan pelaksanaan debat publik calon Wali Kota Makassar akan diselenggarakan di Jakarta

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, beberapa pertimbangan KPU Makassar memilih lokasi debat publik pilkada di Jakarta. Salah satunya untuk mengefisiensikan anggaran.

“Kami melakukan efisiensi anggaran, karena bila kami melaksanakan di Jakarta, di stasiun TV nasional, kami bisa melakukan efisiensi sampai 50 persen anggaran,” terangnya, Sabtu (24/10) 2020.

Pihaknya tidak lagi harus menyewa hotel dan hanya terbatas personil yang bisa datang ke Jakarta.

Selain itu dengan memperhatikan animo masyarakat yang cukup tinggi di masa kampanye pilwali Makassar 2020 ini. Pihaknya melihat akan berpotensi terjadi kerumunan yang cukup besar.

“Memang disetiap pemilihan yang pernah digelar di Makassar, konsentrasi massa yang cukup besar selalu terjadi di luar lokasi debat. Sementara kami harus menegakkan Protokol covid 19 sesuai yang tertuang dalam PKPU 13 tahun 2020,” jelas Endang.

Dari 270 daerah yang melaksanakan pemilihan. Pilwali Makassar 2020 adalah satu-satunya pemilihan yang merupakan perulangan.

“Pelaksanaan Pilkada Makassar kali ini adalah perulangan dengan antusiasme yang besar. Maka perlu bagi kami melakukan pertimbangan akan situasi tersebut utamanya dalam upaya membangun kepekaan di masa pandemi covid,” pungkasnya.

Debat Paslon Gandeng TV Nasional

Pelaksanaan debat direncanakan akan berlangsung selama tiga kali dan disiarkan langsung di stasiun televisi nasional.

Namun tidak berarti media lokal tidak diikutsertakan dalam siaran debat paslon Wali Kota Makassar, pihaknya tetap akan mempersiapkan agenda debat di Makassar dan menggandeng penyiaran lokal pada debat akhir menjelang hari pemilihan.

“Selain debat publik, tahapan pilwali makassar yang kami kelola sebelumnya seperti launcing tahapan, pendaftaran bapaslon, penetapan paslon, pengundian nomor urut dan deklarasi kampanye damai dan kepatuhan covid 19, kami selalu menggandeng media penyiaran daerah dan bukan TV nasional,” pungkasnya.

“Baru ditahapan debat ini kita berencana menggunakan TV nasional dan kami tetap mempersiapkan agenda debat di Makassar yaitu didebat terakhir menjelang hari pemilihan nantinya,” tambahnya.

KPU Makassar akan berusaha melakukan penerapan PKPU 13 tahun 2020 dan menjamin terselenggaranya tahapan pemilu yang sesuai dengan aturan.

“Sekaligus memperhatikan asas upaya pencegahan covid dan upaya melakukan penyelenggaraan pemilu yang peka atas situasi covid yang ada. Apalagi kota Makassar sebagai kota dengan jumlah pemilih yang besar,” tutupnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT