fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Bersiap! Ini Skenario Terburuk Pandemi Covid-19 di Indonesia

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Kasus virus Corona (Covid-19) kian melonjak di Indonesia, hal ini lantaran varian baru yang lebih cepat menular. Bahkan, lonjakan kasus saat ini didominasi varian baru virus Corona.

Berdasarkan Data Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI pada 6 Juli 2021 tercatat ada sebanyak 553 kasus varian baru virus Corona di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari enam varian baru virus Corona yaitu Alpha, Beta, Delta, Eta, Iota, dan Kappa.

Dari keenam varian itu, varian Delta terlihat paling mendominasi di Indonesia dibandingkan varian lainnya yaitu sebanyak 436 kasus. Kemudian varian Beta berada pada urutan kedua dengan jumlah 57 kasus, 51 Alpha, 5 Eta, 2 Kappa, dan 1 kasus varian Iota.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Latihan Ujian CPNS 2021 di Simulasi CAT BKN, Begini Caranya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, mengungkapkan bahwa selama dua pekan ke depan merupakan masa kritis bagi Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19.

Hal ini dikarenakan kasus Covid-19 di Indonesia diprediksi akan terus mengalami kenaikan dan melampaui 40 ribu kasus baru dalam sehari.

“Angka ini bisa akan terus naik seperti hari kemarin (5/7) 29.000, bisa saja mungkin nanti kita sampai ke 40.000 atau pun lebih,” ujar Luhut dikutip dari Kompas.com pada Rabu (6/7/2021).

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Omicron "Impor" Indonesia Bertambah 11 Kasus

Mengantisipasi kemungkinan tersebut, kata Luhut, pemerintah telah menyiapkan berbagai skenario jika seandainya situasi Covid-19 di Indonesia benar-benar jatuh ke situasi terburuk.

Antara lain dengan menambah jumlah fasilitas kesehatan serta stok oksigen. Ia mengatakan bahwa dalam 2-3 hari terakhir pemerintah telah menambah stok oksigen yang didatangkan dari berbagai wilayah, seperti Morowali, Cilegon, dan Batam.

Sementara itu, terkait obat-obatan, pemerintah akan memastikan ketersediaannya, termasuk paket obat ringan untuk pasien isolasi mandiri.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Harga PCR Rp300 Ribu, Andi Sudirman: Kita Harap Turun Lagi

Luhut mengatakan, Pemerintah juga membuka peluang bantuan dari negara tetangga seperti Singapura dan China.

Meski begitu, Ia meminta masyarakat tak khawatir terkait hal ini. Namun di saat yang sama Ia meminta masyarakat tidak meremehkan terhadap berbagai upaya yang tengah dilakukan pemerintah.

“Jadi semuanya kekuatan kita kerahkan, jadi jangan ada yang menganggap underestimate bahwa Indonesia ini tidak bisa mengatasi masalah,” kata Luhut.

Baca berikutnya: IDI Sebut Lonjakan Kasus Covid-19 Didominasi Varian Delta

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Perjuangan Berat Timnas Menanti di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara peringkat dunia perjuangan Indonesia memang berat untuk bisa langsung lolos dari babak ketiga karena bercokol dengan sejumlah negara kuat Asia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT