fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Bertahun Tercemar, 18 Ton Sampah dari 1 Kecamatan di Makassar Terkumpul

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar berkolaborasi dengan Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Ujung Tanah, menggelar ‘Appatasa’ atau aksi giat bakti sosial di lokasi setempat. 

Dalam aksi bersih yang berpusat di RW 4, RT 3 Kelurahan Cambayya itu, mereka mengumpulkan belasan ton sampah. Kawasan pesisir tersebut memang terjadi penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan.

Baca juga:  Dispora Komitmen Jadikan Makassar Kota Olahraga

“Jumlah volume sampah di bawah rumah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil kita angkat kurang lebih 18 ton lebih,” kata Camat Ujung Tanah, Amanda Syahwaldi dilansir dari akun resmi Instagram Dispora Makassar, usai aksi bersih, Sabtu, 27 Januari 2024.

ADVERTISEMENT

Penumpukan sampah tersebut juga diperparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang. Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberi dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli akan lingkungan termasuk masyarakat sekitar.

Baca juga:  Virtual Reality untuk Baseball dan Panahan di Makassar Bakal Diterapkan

“Karena selain sampah kiriman dari kapal kapal nelayan atau kapal kapal yang terkadang buang sampah di laut yang yang akhirnya masuk ke daratan ditambah juga warga warga yang masih, sebagian besar belum memiliki kesadaran akan kebersihan,” terang Amanda.

Selain membersihkan, otoritas terkait juga mengedukasi warga setempat mengenai sampah dan dampaknya terhadap lingkungan. “Kami sudah menghimbau mereka untuk bagaimana sampah ini ke depan, mereka kemas, terus mereka simpan di titik penjemputan,” imbaunya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut Sepekan ke Depan

(Sumber foto: Instagram Dispora Makassar)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT