fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

BI: Nilai Tukar Rupiah Terkendali Karena Kebijakan Stabilisasi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan bahwa nilai tukar rupiah akhir-akhir ini tetap terkendali didukung oleh kebijakan stabilisasi Bank Indonesia setelah sebelumnya melemah 2,43 persen pada Januari 2024.

“Nilai tukar rupiah pada Februari 2024 menurut data hingga 20 Februari 2024 kembali menguat 0,77 persen point-to-point,” ujar Perry Warjiyo di Jakarta, Rabu.

Baca juga:  Aset Digital Terpantau Bangkit Lagi, Bitcoin Naik 25 Persn Awal Tahun Ini

Selain didorong oleh kebijakan stabilisasi, ia menyatakan bahwa aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik serta persepsi positif investor terhadap prospek ekonomi Indonesia juga menjaga terkendalinya nilai tukar rupiah.

ADVERTISEMENT

Namun, dia menuturkan bahwa nilai tukar rupiah melemah 1,68 persen dari level akhir Desember 2023 atau year-to-date.

Walau begitu, menurut Perry, pelemahan rupiah masih lebih baik dibandingkan dengan won Korea, ringgit Malaysia dan bath Thailand yang masing-masing melemah sebesar 3,69 persen, 4,27 persen dan 5,31 persen.

Baca juga:  Dukung KTT G20, Wuling Motors Siapkan 300 Mobil Listrik

Ia menyampaikan bahwa ke depannya nilai tukar rupiah diperkirakan bergerak stabil dengan kecenderungan menguat ditopang oleh berlanjutnya aliran masuk modal asing, kebijakan stabilisasi BI, serta penguatan strategi operasi moneter pro-market.

ADVERTISEMENT

Penguatan strategi pro-market tersebut akan diimplementasikan dengan mengoptimalisasi instrumen Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI), dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUBBI).

Baca juga:  Resmi Bank Indonesia Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas

“Bank Indonesia juga akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah, perbankan, dan dunia usaha untuk mendukung implementasi instrumen penempatan valas Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA) sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2023,” kata Perry.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Cek di Sini, Jadwal Hingga Daftar Daerah Selenggarakan Pilkada Serentak 2024

Pilkada Serentak 2024 tak lama lagi bakal digelar. Pilkada serentak mencakup pasangan calon gubernur, bupati hingga wali kota.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT