fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Biden dan Xi Akan Bertemu Langsung di KTT G20 untuk Pertama Kalinya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Kehadiran Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping secara langsung di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, telah terkonfirmasi kepastiannya.

Keduanya juga telah diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral di sela-sela acara KTT yang berlangsung di Bali, Indonesia pada 15 hingga 16 November mendatang.

Pertemuan Xi dan Biden dalam perhelatan ekonomi besar di dunia itu, akan sangat canggung karena ketegangan dan konflik yang kedua negara miliki selama beberapa dekade terakhir.

ADVERTISEMENT

Menurut sebuah laporan media AS, Biden dan Xi terakhir bertemu secara langsung selama pemerintahan Obama, dan hubungan AS dengan China sejak itu merosot ke level terendah dalam beberapa dekade, terutama sejak perjalanan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada Agustus lalu ke Taiwan.

Baca juga:  Pemerintah Jamin Keamanan Siber KTT G20

Dilaporkan jika dalam 22 bulan terakhir, Xi dan Biden telah beberapa kali melakukan panggilan telepon namun tidak pernah lagi bertatap muka, terlebih sejak pandemi menyerang dan pembatasan ketat yang diterapkan China.

Seorang ahli Asia di German Marshall Fund of the United States, Bonnie Glaser menilai pertemuan tersebut sebagai kesempatan terbaik untuk meredakan ketegangan dan China sendiri telah memberi isyarat bahwa mereka ingin menghindari kerusakan lebih jauh pada hubungannya dengan AS.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Golkar Sulsel Sudah Punya Sosok Pengganti Debbie, Legislator yang Mundur dari Dunia Politik

“Tetapi tidak jelas apakah mereka bersedia untuk mencapai tujuan itu,” ujarnya seperti dimuat ANI News.

Menurut Glaser, AS juga memiliki kepentingan atas China, dimana ia memerlukan bantuan Xi untuk menekan Kim Jong Un dan memintanya melakukan denuklirisasi di Korea Utara.

“Ini adalah area di mana China dan Amerika Serikat memiliki sejarah kerja sama. Ada rekam jejak untuk bisa bekerja sama. Jadi saya pikir presiden akan mendekati pembicaraan dengan semangat itu,” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kominfo RI Sosialisasikan Siaran TV Digital ke Warga Makassar

Biden saat ini sedang melakukan perjalan keliling Asia, dimulai dengan perhentian di Sharm el-Sheikh, Mesir tempat pertemuan COP27, lalu ke Phnom Penh, Kamboja untuk KTT ASEAN dan kemudian pergi ke Bali, Indonesia untuk pertemuan G20 dimana dia akan bertemu dengan Xi.

Sikap tegas Biden terhadap Taiwan dan kedatangan Nancy Pelosi telah membuat China geram karena melihat AS tengah mengganggu wilayah yang sejak dulu dianggap miliknya.

China juga tersinggung dengan kebijakan AS yang menargetkan ambisinya di sektor teknologi, khususnya industri semikonduktor.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT