fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Bisa Jadi Pilihan, 5 Tanaman Hias Ini Tidak Disukai Ulat

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Serangga merupakan ancaman alami bagi sejumlah jenis tanaman hias. Kehadiran serangga juga menjadi musibah bagi kamu yang memiliki tanaman hias. Karena jika dihinggapi serangga, termasuk ulat, tanaman hias bisa layu bahkan mati.

Untuk menghadapi serangga, biasanya menggunakan pestisida. Namun, sejumlah orang menggunakan cara alami dengan menanam tanaman hias yang tidak disukai ulat di sekitar tanaman lainnya.

Tanaman hias yang tidak disukai ulat umumnya memiliki bau tajam sehingga hama enggan untuk mendekat. Berikut di daftarnya, yang dilansir dari CNN Indonesia:

ADVERTISEMENT
Lavender

Manusia menyukai wangi tanaman lavender, namun tidak begitu dengan hama serangga. Serangga membenci tanaman lavender karena baunya yang terlalu menyengat bagi mereka. Lavender memiliki ciri khas tersendiri dengan bunganya yang berwarna ungu terang dan bentuk bunga yang kecil-kecil.

Baca juga:  Wow, Kontroversi "Sepatu Setan" Mengandung Darah Manusia

Lavender tumbuh subur pada area yang terkena sinar matahari langsung dan kering. Kamu dapat menanam dalam pot atau membeli jadi tanaman lavender yang telah tumbuh.

Letakkan lavender di antara tanaman hias lain baik di pot maupun di pekarangan, karena aroma menyengat lavender mampu mengusir hama serangga.

ADVERTISEMENT
Kemangi

Kemangi, adalah salah satu tanaman yang dibenci oleh ulat. Ya, tanaman yang sering dijumpai dalam ragam masakan ini memang harum bagi hidung manusia, namun tidak pada serangga hama.

Tanaman kemangi termasuk menyukai sinar matahari, Kamu dapat menanam kemangi dalam wadah (pot) atau ditanam berdampingan dengan tanaman lain. Akan tetapi, tanaman tersebut harus memenuhi syarat tumbuh yang sama dengan kemangi.

Marigold

Marigold tumbuh subur di daerah tropis, dengan spektrum warna dari kuning hingga oranye yang memberikan kesan cerah dan ceria. Marigold mengeluarkan bau khas yang menghalangi hama ulat mendekat ke tanaman hias lainnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Meski Harganya Selangit, 7 Tanaman Hias Ini Masih Banyak Diburu

Marigold sangat menyukai matahari dan mampu hidup di kemarau terik, oleh karenanya pastikan tanaman hias yang ingin Anda lindungi mempunyai syarat hidup yang sama dengan marigold. Menurut New York Botanical Garden marigold ampuh mengusir ragam jenis serangga.

Rosemary

Rosemary mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, karena umumnya digunakan sebagai bahan bumbu masakan khususnya di negara barat.

Meski umumnya digunakan di negara barat, rosemary tumbuh subur di iklim tropis dan kering, kini banyak orang menanam rosemary di pekarangan rumah atau di pot sebagai tanaman pelengkap bumbu dapur.

Baca juga:  5 Tanaman Hias Berwarna Putih Buat Rumah Terlihat Elegan

Aroma unik rosemary terasa harum bagi manusia namun menyengat bagi hama ulat. Letakkan rosemary di antara tanam hias Anda lainnya untuk mencegah datangnya hama serangga.

Mint

Sama seperti rosemary dan kemangi, mint juga salah satu jenis tanaman hias yang tidak disukai ulat. Semakin kuat aroma daunnya semakin enggan hama ulat mendekat.

Kamu dapat menanam tanaman mint baik di pekarangan maupun di pot. Namun jika ditanam pada pekarangan rumah, Kamu perlu melakukan pemangkasan rutin, pasalnya tanaman mint cepat menyebar dan merambat.

Berbeda dengan tanaman hias pengusir serangga lainnya. Tanaman mint tidak menyukai sinar matahari secara langsung, oleh karenanya letakkan ditempat yang teduh atau tempat dengan sinar matahari cukup.

Baca berikutnya: Cantik, 5 Ikan Hias Kecil Air Tawar Ini Mudah Dipelihara

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masyarakat Sulsel
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT