No menu items!

BMKG Catat 31 Total Gempa Susulan di Sulbar

Promo

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun IV Makassar mencatat sebanyak 31 gempa susulan yang terjadi setelah gempa bumi tektonik bermagnitudo 6,2 di Wilayah Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat (15/1/2021).

“31 gempa susulannya, tapi total keseluruhan gempa dari tanggal 14 sampai hari ini tanggal 18 januari 2021 ada 39,” ungkap Staff PGR IV BMKG Makassar, Imelda via telepon, Senin (18/1/2021).

Imelda menjelaskan, pasca gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Sulbar pada Jumat 15/01/2021 02:28:17 WITA, diikuti gempa susulan dengan magnitudo yang bervariasi. Meski Fluktuatif, namun kekuatannya lebih rendah dari gempa utama.

“Sampai saat ini kita masih memonitoring, magnitudonya bervariasi,” lanjut Imelda.

Adapun gempa bumi susulan, lanjut Imleda, yang paling dominan terjadi di antara rentan magnitudo 3 hingga 4. Sementara, dari seluruh total gempa yang ada, beberapa dirasakan oleh warga dan lebih banyak hanya terdeteksi oleh alat.

“Baru saja dapat laporan, untuk gempa yang dirasakannya baru gempa yang tadi yang terakhir ini. Lalu gempa yang sebelumnya M 5,9 dan gempa utama tanggal 15,” imbuhnya.

Diketahui, hari ini, pada pukul 11:11:18 WIB terjadi lagi gempa susulan bermagnitudo 4,2 dan dirasakan getarannya oleh warga setempat.

Imelda menilai, wilayah Mamuju dan Majene memiliki sejarah kegempaan dan beberapa kali menimbulkan tsunami. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan sumber sesar aktif, menjadikan wilayah tersebut berpeluang gempa bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Ini 4 Tanda Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Sejatinya Allah SWT memberikan tanda saat doa yang dipanjatkan hambanya terkabulkan

Populer

Berita Terkait