fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

BMKG Gelar Sekolah Lapang Cuaca untuk Nelayan dari Pangkep

Promo

LAYAR NEWS, PANGKEP — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaksanakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) yang di laksanakan BMKG di Aula Gedung Dewakang, Kabupaten Pangkep, Senin (20/03/2023).

Kegiatan yang di peruntukkan khusus untuk para nelayan di Pangkep ini adalah kerjasama BMKG dengan Dinas Perikanan Pangkep serta Komisi V DPR RI sebagai Mitra BMKG dan dibuka secara resmi oleh HM Aras selaku Anggota Komisi VDPR RI

Anggota Komisi V DPR RI, HM Aras dalam sambutannya menyampaikan, bahwa di DPR RI selaku mitra BMKG, mendukung pelaksanaan SLCN diharapkan mampu membuang rasa kekhawatiran para nelayan khususnya di Pangkep.

Baca juga:  Lomba STQ dan Hifdzil Quran Kota Makassar, Indira: Momentum Pembinaan Mental Spiritual

Menurutnya nantinya dengan secara berkala mendapatkan informasi dari BMKG dan bekal ilmu pengetahuan selama pendidikan bisa memprediksi gejala alam disekitar, khususnya laut.

“Pangkep adalah wilayah maritim, di mana sebagian warganya hidup di pesisir dan Kepulauan dengan profesi sebagai nelayan. Maka sekolah SLCN ini bisa membuka wawasan para nelayan untuk membaca situasi laut sehingga angka korban akibat cuaca berkurang, nelayan juga tenang melaut, dan tentunya akan berdampak pada kesejahteraan, karena hasil tangkapan maksimal,”jelasnya.

Ketua Panitia pelaksana Irwansyah Nasution, kegiatan SLCN BMKG ini rutin dilakukan sejak 2017 dan sampai saat ini telah dilaksanakan beberapa kali di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca juga:  Dandim 1421 Pangkep Pimpin Inspeksi Pemakaian Perdana Seragam Loreng Baru TNI AD

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan SLCN BMKG di Pangkep kali ini berasal dari nelayan dan penyuluh sebanyak 90 orang.

“Peserta yang mengikuti kegiatan SLCN ini, sebanyak 90 orang terdiri dari Nelayan dan Penyuluh Perikanan. Nantinya kita berharap para peserta bisa menjadi duta BMKG dalam penyebarluasan informasi informasi mengenai prakiraan cuaca kepada seluruh nelayan dan masyarakat pada umumnya.” Harap Kepala Stasiun Meteorologi Paoter Makassar ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Dr. Fachri Radjab, Kepala Dinas Perikanan Pangkep, Kusmawati, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution dan para peserta SLCN yang terdiri dari penyuluh Perikanan dan Nelayan.

Baca juga:  Pemkot Makassar Terima Penghargaan dari Disdukcapil Sulsel

Kegiatan pembukaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan BMKG di tandai pemasangan tanda peserta dilanjutkan pemukulan kentongan bersama oleh Anggota DPR RI HM Aras bersama Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, dan Kadis Perikanan Pangkep Kusmawati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Info PDAM Kota Makassar

ADVERTISEMENT

Terkini

Wawali Makassar Hadiri Road Show Brand Fashion

Si.Se.Sa merupakan brand lokal Indonesia yang hadir dengan koleksi berbeda. Salah satu ciri khasnya adalah busana dengan model syar’i
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT