fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, BPBD Sulsel Siap Siaga

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan siap siaga dalam mengantisipasi bencana, setelah dikeluarkannya peringatan dini cuaca ekstrem oleh BMKG pada 17 Januari 2022.

Kepala BPBD Sulsel, Muhammad Firda mengungkapkan peringatan cuaca ekstrem di bulan Januari sebelumnyantelah diprediksi oleh BMKG sejak dua bulan lalu.

Ia menyebutkan, BMKG telah menyampaikan bahwa bulan Januari akan menjadi puncak musim hujan dan masyarakat diminta untuk waspada.

ADVERTISEMENT

“Sekarang semua kita ERC kan sudah stand by satu minggu ini, sudah siap siaga. Dari BMKG dari dua bulan lalu sudah kita sampaikan bahwa mulai tanggal 17 Itu kita waspada sampai 10 hari ke depan,” ungkapnya.

Baca juga:  Air Mulai Naik, BPBD Makassar Imbau Warga Evakuasi Barang Berharga

Firda pun meminta BPBD kabupaten/kota di Sulsel untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama bagi daerah yang diprediksi memiliki curang hujan sangat tinggi.

Selain itu, belajar dari bencana banjir di Kota Makassar pada akhir tahun 2021 lalu, Firda mengatakan telah berkoordinasi dengan BMKG dan Basarnas guna menentukan titik kumpul evakuasi.

ADVERTISEMENT

“Bahwa pada saat seperti itu masyarakat lari kemana tempat berkumpulnya. Terus perahu karet nanti mobilisasinya langsung ke situ. Dulu ada titik-titik tidak tersentuh. Sekarang sudah ada titik kumpul itu, Makassar sudah perlihatkan kita, tentu nanti kita koordinasi,” jelasnya.

Baca juga:  Banjir dan Longsor Landa Nias Barat Sumut, 4000 Jiwa Terdampak

Firda menegaskan penanganan bencana yang terpenting adalah pembagian tugas secara massif.

“Agar masyarakat yang membutuhkan pertolongan, kita bisa akomodasi semua,” kata Firda.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang diperkirakan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diperkirakan hingga 20 Januari 2022 hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi di sembilan daerah di Sulsel. Antara lain Kota Makassar, Pare-Pare, Kabupaten Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar.

Baca juga:  31 Mahasiswa Magang di Pelindo, Ini Kata Direktur SDM!

Baca berikutnya: Peringatan Dini BMKG: Cuaca Ekstrem di Sulsel Hingga 20 Januari

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT