fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

BNPB Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Bencana Momen Libur Lebaran, Bisa Pantau Kondisi di Sini!

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, mengimbau kepada masyarakat yang akan kembali dari libur lebaran di kampung halaman masing-masing untuk tetap waspada saat di perjalanan. 

“BNPB tidak bosan-bosannya mengingatkan para pemudik untuk menjaga kewaspadaan, mempertahankan kesiapsiagaan,” kata Suharyanto dalam siaran pers yang diterima jurnalis dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu, 13 April 2024.

Baca juga:  Dua Orang Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor di Pegunungan Arfak

Suharyanto juga telah melakukan tinjauan udara mengelilingi sejumlah wilayah di Jawa Timur. Pantauan udara ini dilakukan untuk melihat secara langsung potensi terjadi bencana di beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur. 

ADVERTISEMENT

Suharyanto menambahkan, BNPB bersama BPBD telah menggelar posko di beberapa lokasi di sepanjang Pulau Jawa, Sumatera dan Bali dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi bencana pada saat libur lebaran tahun 2024 ini.

Baca juga:  Anggota DPR RI Prihatin dengan Status Gedung Perpustakaan Umum Kota Makassar

Posko siaga itu dapat menjadi wadah masyarakat bila ingin mendapatkan bantuan teknis soal bencana. “Apabila lelah di jalan ada posko-posko BNPB BPBD yang sudah digelar di sana, juga bisa memberikan bantuan apabila ada kondisi-kondisi mendesak,” imbuh Suharyanto 

Selain menempatkan personel di posko pemantauan lebaran, BNPB juga mengeluarkan dasbor sistem informasi ‘Peta Mudik Siaga Bencana’ pada tautan berikut ini. Informasi ini dapat diakses untuk mengetahui kondisi waspada bencana.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Percepat Persiapan Pemasangan EWS, BNPB Intensifkan Koordinasi Lintas Sektor di Sumbar

“BNPB telah sebarkan peta rawan bencana, pahami betul daerah-daerah yang rawan banjir, longsor dan cuaca ekstrem. Setiap daerah sudah ada datanya sehingga ketika bergerak dari satu titik ke titik lain betul-betul waspada jangan sampai kejadian kecelakaan akibat kondisi alam menjadi pengalaman baik agar tidak terjadi,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT