fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

BPOM Amerika Izinkan Metode Rebyota, Pengobatan Pakai Tinja Manusia

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Pertama kali di dunia Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikta atau FDA (Food and Drug Administration) menyetujui metode pengobatan terbuat dari tinja manusia atau kotoran manusia yang disebut Rebyota.

Rebyota adalah metode yang mengandung bakteri usus yang dikumpulkan dari tinja pendonor sehat, dan mencegah penyakit mengancam jiwa.

Metode pengobatan ini dilakukan dengan cara memberikan cairan ke dalam rektum atau usus pasien melalui selang, sehingga dokter bisa memperbaiki keseimbangan mikrobiota usus pasien.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Tips Mudik Sehat Meski Puasa

Dampaknya sekumpulan mikrobiota ini berkumpul di saluran pencernaan bawah, sehingga jika pasien sakit karena bakteri jahat di dalam tubuh lebih banyak, maka pengobatan ini menambah jumlah bakteri baik sehingga lebih kuat melawan penyakit.

Mengutip Live Science, Sabtu (3/12/2022) pengobatan ini diizinkan diberi pada orang usia 18 tahun ke atas, yang baru saja dirawat karena infeksi berulang akibat bakteri Clotridioides diffivile atau C.diff yang membuat usus terganggu karena penggunaan antibiotik.

Baca juga:  DPR Minta BRIN Segera Teliti Kasus Gagal Ginjal

Sehingga bakteri yang tidak bisa lagi diatasi dengan antibiotik atau resisten antibiotik maka pengobatan ini bisa membantu.

ADVERTISEMENT

Pengobatan ini juga diizinkan untuk orang usia 65 tahun ke atas, mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah, dan yang tinggal di panti jompo dengan risiko terinfeksi penyakit.

Adapun bakteri C.diff menginfeksi tubuh dengan cara melepaskan racun yang menyebabkan diare, sakit perut, demam dan radang usus besar atau kolitis.

Baca juga:  Tips Sederhana Hidup Sehat Ala Milenial

Jika tidak segera ditangani penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan fungsi organ atau gagal organ yang bisa menyebabkan kematian.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT