No menu items!

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Berminyak

Promo

LAYAR.NEWS – Selain merusak penampilan, rambut berminyak juga membuat rasa tidak nyaman di kepala. Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur.

Namun, Kamu tidak perlu khawatir, karena ada beragam cara yang mudah dan ampuh untuk mengatasi keluhan rambut berminyak.

Perlu diketahui bahwa kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Terkadang, kelenjar ini bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya, kulit kepala menjadi berminyak dan rambut pun terlihat kusam, lepek, dan sulit diatur.

Baca juga:  Mendengar Musik Klasik Dapat Perkuat Daya Ingat

Nah, untuk mengatasinya berikut beberapa tips yang dilansir dari Alo Dokter yang bisa Kamu lakukan:

  1. Hindari mencuci rambut lebih dari satu kali setiap hari, karena justru membuat kelenjar di rambut dan kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Cuci rambut setidaknya 1 kali sehari.
  2. Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak guna membersihkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih. Anda pun bisa meminta saran dari pakar kecantikan rambut atau dokter kulit.
  3. Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya. Tanaman ini dipercaya efektif untuk mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala, sehingga rambut bisa menjadi lebih sehat, kuat, lembut, dan berkilau.
  4. Cuci rambut dengan larutan cuka sari apel (apple cider vinegar) dan air. Larutan ini diduga dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala.
  5. Bilas rambut dengan teh hijau. Teh hijau mengandung zat tannin yang diduga dapat mengatasi kelebihan minyak sekaligus menutrisi kulit kepala.
Baca juga:  Yuk, Simak Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal
Baca juga:  Bedakan Nyeri Dada Gejala GERD dan Serangan Jantung

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Kamu hindari agar tidak memperburuk kondisi rambut berminyak yang dialami, antara lain:

  1. Hindari penggunaan kondisioner hingga ke akar rambut karena justru bisa membuat rambut menjadi tambah berminyak. Cukup oleskan kondisioner di bagian ujung rambut, lalu bilas.
  2. Hindari penggunaan produk perawatan rambut berbahan minyak.
  3. Hindari terlalu lama menyisir rambut, karena bisa merangsang kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.
  4. Hindari terlalu sering meluruskan rambut dengan alat catok rambut. Suhu panas dari alat tersebut dapat memicu produksi minyak pada rambut.
  5. Hindari terlalu sering menyentuh rambut, karena semakin sering rambut disentuh, semakin banyak minyak yang diproduksi.

Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut berminyak dan merawat keindahan serta kesehatan rambut. Namun, jika rambut berminyak tidak kunjung teratasi, cobalah meminta saran dari pakar rambut atau berkonsultasi dengan dokter.

Baca berikutnya: Puasa Rawan Sariawan, Ini Penyebabnya

Terkini

Mal Hingga Cafe di Makassar Wajib Tutup Jam 8 Malam

Aktivitas usaha di Kota Makassar sebelumnya dibatasi hingga pukul 22.00 wita, kini hanya sampai pukul 20.00 wita.

Populer

Berita Terkait